Peningkatan Prestasi Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Take And Give Siswa Kelas V Sd 2 Bakalan Krapyak

AFIDAH, SAYYIDATUL MARDLIYATIL (2017) Peningkatan Prestasi Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Take And Give Siswa Kelas V Sd 2 Bakalan Krapyak. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (446kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
Bab_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan peningkatan prestasi belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa melalui model pembelajaran Take And Give pada mata pelajaran IPS materi proklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas V SD 2 Bakalan Krapyak. Prestasi belajar adalah kompetensi siswa dalam suatu mata pelajaran baik dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor yang didapatkan setelah mempelajari materi dan melakukan evaluasi berupa soal-soal dengan bobot nilai yang telah ditentukan. Prestasi belajar siswa tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk angka maupun huruf. Model Take And Give termasuk salah satu model pembelajaran kooperatif dimana siswa saling memberi dan menerima informasi melalui kartu. Model pembelajaran ini dilakukan melalui penguasaan materi dari kartu, keterampilan bekerja berpasangan dan sharing informasi, serta evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman atau penguasaan siswa terhadap materi yang diberikan didalam kartu dan pasangannya. Materi IPS yang dikaji adalah pada materi Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Bakalan Krapyak Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart dengan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Take and Give. Sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor IPS siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai prestasi belajar IPS siswa baik ranah kognitif, afektif maupun psikomotor. Peningkatan prestasi belajar IPS ranah kognitif pada siklus I 70% dan pada siklus II 80%. Peningkatan prestasi belajar IPS ranah afektif pada siklus 1 70,7% (baik) dan siklus II 71,75% (baik). Peningkatan prestasi belajar IPS ranah psikomotor siklus I 76,65% (baik) dan siklus II 82,9% (baik). Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran take and give dapat meningkatkan prestasi belajar IPS ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada kelas V SD 2 Bakalan Krapyak dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran take and give dapat meningkatkan prestasi belajar IPS ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, semangat dan juga aktif agar dapat menngkatkan prestasi belajar. Siswa juga hendaknya lebih membiasakan bekerjasama dengan siswa lain untuk menambah pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Imaniar Purbasari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Prestasi Belajar, Take And Give, IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 08 Feb 2018 02:19
Last Modified: 08 Feb 2018 02:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7889

Actions (login required)

View Item View Item