Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Pembelajaran Materi Perkembangan Teknologi Siswa Kelas Iv Sd 3 Terban Jekulo Kudus

KHASANAH, USWATUN (2017) Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Pembelajaran Materi Perkembangan Teknologi Siswa Kelas Iv Sd 3 Terban Jekulo Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (295kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (64MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Talking Stick berbantuan lagu pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan guru dan prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi kelas IV SD 3 Terban Kudus. Prestasi Belajar merupakan hasil pencapaian yang siswa lakukan dalam proses pembelajaran meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Model talking stick merupakan strategi pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan tongkat siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah peserta didik mempelajari materi pokoknya. Lagu pembelajaran merupakan media audio yang diciptakan untuk memotivasi siswa dengan cara guru menunjukkan gambar dan siswa menirukan ekspresi wajah maupun bahasa tubuh dari lirik lagu yang dinyanyikan sehingga tercipta rasa nyaman dan senang. Hipotesis penelitian adalah melalui model pembelajaran Talking Stick berbantuan lagu pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru dan prestasi belajar pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi. Penelitian ini penelitian tindakan kelas menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan analisis. Variabel bebas adalah model Talking Stick. Sedangkan Variabel terikat adalah prestasi belajar IPS. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus tediri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas IV di SD 3 Terban Kudus dengan jumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data meliputi metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Talking Stick berbantuan lagu pembelajaran dapat meningkatkan: (1) Keterampilan mengajar guru pada kondisi awal memperoleh persentase sebesar 61,25% (cukup), pada siklus I memperoleh persentase sebesar 64,1% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 93% (sangat baik). Peningkatannya sebesar 29%. (2) Prestasi belajar siswa yang meliputi prestasi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada kondisi awal memperoleh persentase sebesar 51,63% (kurang), pada siklus I memperoleh persentase sebesar 59,56% (cukup) dan meningkat pada siklus II memperoleh persentase sebesar 83,07% (baik). Peningkatannya sebesar 23,51%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Terban dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick berbantuan lagu pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perkembangan teknologi kelas IV SD 3 Terban. Untuk itu disarankan siswa hendaknya aktif dalam proses pembelajaran dan berani bertanya maupun menjawab pertanyaan dari guru.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Prestasi Belajar, Talking Stick, Lagu Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 08 Feb 2018 02:35
Last Modified: 08 Feb 2018 02:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7890

Actions (login required)

View Item View Item