PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS KARAKTER CINTA TANAH AIR DAN DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV SD 4 TENGGELES MEJOBO KUDUS

AZIZ , RENDY ANDIKA ABDUL (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS KARAKTER CINTA TANAH AIR DAN DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV SD 4 TENGGELES MEJOBO KUDUS. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (288kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, nilai karakter cinta tanah air dan disiplin serta hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang merupakan salah satu model pembelajaran yang didalamnya terdapat beberapa kelompok yang saling berdiskusi dan bertukar pikiran. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pembelajaran. Karakter siswa juga terbentuk selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di SD 4 Tenggeles Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 30 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV SD 4 Tenggeles. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawncara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbasis karakter cinta tanah air dan disiplin dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran PKn pada siklus memperoleh persentase 73,66% (Baik) meningkat menjadi 84,37% (Baik). Karakter cinta tanah air dan disiplin siswa siklus I memperoleh persentase 64,34% (Cukup) meningkat pada siklus II menjadi 80,05% (Baik). Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I ketuntasan belajar klasikal 63,33% (Cukup) pada siklus II menjadi 80,00% (Baik). Hasil belajar siswa ranah afektif siklus I ketuntasan belajar klasikal 65,67% kategori baik siklus II meningkat menjadi 81,25% (Baik). Hasil belajar siswa ranah psikomotorik siklus I ke ketuntasan belajar klasikal 67,92% (Baik) siklus II meningkat menjadi 80,63% (Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 4 Tenggeles Mejobo Kudus disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbasis karakter cinta tanah air dan disiplin hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi. Penelitian ini diharapkan agar guru tidak hanya mengutamakan pada aspek kognitif saja melainkan lebih menanamkan nilai-nilai karakter siswa.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Santoso, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Numbered Head Together, Karakter Cinta Tanah Air dan Disiplin, Hasil Belajar, PKn.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 08 Feb 2018 02:57
Last Modified: 08 Feb 2018 02:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7893

Actions (login required)

View Item View Item