Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantu Media Visual Untuk Meningkatan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iii Sdn 01 Garung Lor

RAHMATRIYANTI, AMBARSARI (2017) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantu Media Visual Untuk Meningkatan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iii Sdn 01 Garung Lor. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (861kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru. (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD 01 Garung Lor pada mata pelajaran IPS materi Pekerjaan melalui model TPS berbantu media visual interaktif. Model TPS ini membantu siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran dan mempengaruhi pola interaksi antar siswa dengan langkah sederhana yang dapat memberi siswa kesempatan untuk berpikir, merespon dan saling membantu serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi melalui cara berpikir dan interaksi siswa. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peneliti yang berperan sebagai guru serta siswa kelas III SD 01 Garung Lor sebanyak 17 Siswa dan berlangsung dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model TPS berbantu media visual interaktif sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada mata pelajaran IPS materi Pekerjaan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tehnik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kuantitatif diperkuat dengan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan keterampilam guru mengelola pembelajran, aktivitas siswa dalam belajar dan hasil belajar IPS siswa yang dapat dilihat dari meningkatnys indikator berikut. (1) peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I ke siklus II dari 73,33% menjadi 77,91 % (2) Hasil belajar siswa ranah afektif siklus I yakni 71% pada siklus II menjadi 79%, hasil belajar siswa ranah psikomotorik siklus I yakni 74,88% pada siklus II 80,04%. Sedangkan hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I yakni 58,82% pada siklus II menjadi 88,24% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yakni ≥75%. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran TPS berbantu media visual pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 01 Garung Lor tahun pelajaran 2016/2017. Saran untuk guru, diharapkan model TPS dijadikan referensi dalam mengajar untuk memaksimalkan proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Kata Kunci: TPS, Media Visual interaktif, Hasil belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 08 Feb 2018 03:38
Last Modified: 08 Feb 2018 03:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7898

Actions (login required)

View Item View Item