JUNAIDAH, ZIYADATUL (2017) PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCEBERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSISISWA KELAS IV SDN 1 SENGONBUGEL JEPARA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (halaman judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (785kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (651kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (297kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis deskripsi dengan diterapkannya model concept sentence berbantuan media gambar seri pada siswa kelas IV SDN 1 Sengonbugel Jepara. Deskripsi adalah wacana yang menjelaskan gambaran suatu objek senyata mungkin. Media gambar seri digunakan untuk membantu siswa mengurutkan deskripsi suatu objek yang kemudian dibuat menjadi kerangka karangan. Concept sentence digunakan untuk mengembangkan proses belajar dimana siswa mendapatkan kata kunci dan didiskusikan bersama temannya, kemudian hasil diskusi tersebut dituangkan ke dalam bentuk tulisan karangan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model concept sentence berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan meulis karangan deskripsi, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa kelas IV SDN 1 Sengonbugel Jepara. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 20 siswa kelas IV SDN 1 Sengonbugel Jepara yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru,aktifitas siswa, lembar penilaian menulis karangan deskripsi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan keterampilan menulis deskripsi prasiklus 40,00%, siklus I 55,00%, dan siklus II 85,00% dengan rata-rata nilai siswa prasiklus 63,75 menjadi 66,75 pada siklus I, dan 73,00 pada siklus II, didukung dengan persentase skor aktivitas siswa siklus I sebesar 47,50% (Kurang) menjadi 77,65% (Baik) pada siklus II. Persentase skor keterampilan guru siklus I sebesar 81,94% dan siklus II mendapat 86,11% dengan kategori sangat tinggi Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 1 Sengonbugel Jepara dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model concept setence berbantuan media gambar seri. Selanjutnya, peneliti memberikan saran diharapkan para peneliti selanjutnya dapat mengembangkan model pembelajaran yang lain serta media sehingga keterampilan menulis siswa dapat meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr.murtono,M.Pd |
Kata Kunci: | Kata kunci:Concept Sentence, Gambar Seri, Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 08 Feb 2018 04:01 |
Last Modified: | 08 Feb 2018 04:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7900 |
Actions (login required)
View Item |