PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SDN 02 SEJOMULYO JUWANA

Putri , Shinta Selfiana (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SDN 02 SEJOMULYO JUWANA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (429kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar serta aktivitas belajar siswa. Model Think Pair Share adalah modelyang melibatkan rasa sosial siswa dengan belajar berpasangan saling bertukar pendapat.berbantu media gambar ditujukan untuk mempermudah penyampaian isi matteri atau informasi yang di sampaikan oleh guru. Penelitian dilaksanakan di SDN 02 Sejomulyo Juwana dengan 20 siswa pada kelas IV. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Think Pair Share dan variabel terikatnyahasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn materi Globalisasi.Tehnik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi,tes serta dokumentasi. Data yang diperoleh dari peneliti telah dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Pada hasil data keterampilan guru mengajar terdapat peningkatan siklus I ke siklus II dari persentase 73.87 % menjadi 85%.Peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I ke siklus II 64,57% menjadi 76,56%.Siklus I nilai ketuntasan kognitif secara klasikal dari 78% menjadi 78,5%. Ranah afektif dari siklus I ke siklus II 55,14% menjadi 75,49% sedangkan pada ranah psikomotorik terjadi peningkatan dari 70% menjadi 75,5%. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share dapat meninngkatkan keterampilan guru,aktivitas belajar siswa meningkat, hasil belajar kognitif,afektif dan psikomotorik siswa.Saran dalam penelitian ini guru dapat memberi suasana dan meningkatkan inovasi dalam mengajar dengan menggunakan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan karakterisktik siswa.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Think Pair Share, Gambar,Hasil Belajar, Materi Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 08 Feb 2018 04:27
Last Modified: 08 Feb 2018 04:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7902

Actions (login required)

View Item View Item