Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Di Sdn Jatisari Nalumsari Jepara

Handayani, Aji (2017) Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Di Sdn Jatisari Nalumsari Jepara. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Additional Metadata
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbasis Karakter untuk meningkatkan keterampilan guru, mendeskirpsikan peningkatan karakter siswa dan menemukan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi kelas IV SDN Jatisari Nalumsari Jepara. Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions adalah salah satu strategi pembelajaran cooperative yang di dalamnya terdiri dari beberapa kelompok kecil siswa dengan level kemampuan akademik yang berbeda – beda saling bekerja sama untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Jatisari Nalumsari Jepara dengan subjek penelitian 34 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK), selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variable bebas adalah model Student Teams Achievement Divisions berbasis karakter. Sedangkan variable terikat adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn dengan diterapkannya model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions berbasis karakter pada siklus I 72% (baik) menjadi 82,5% (baik) di siklus II. Karakter demokratis siswa siklus I 70,59% (baik) dan siklus II 78,13% (baik). Sedangkan karakter rasa ingin tahu pada siklus I 71,51% (baik) meningkat pada siklus II 80,52% (baik). Hasil belajar PKn siswa pada siklus I 67,65% (baik) dan siklus II 85,29% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Jatisari dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Teams Achievement Divisions berbasis karakter dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada materi globalisasi kelas IV SDN Jatisari Nalumsari Jepara. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Student Teams Achievement Divisions berbasis karakter, guru sebaiknya lebih memberikan motivasi berupa pertanyaan – pertanyaan agar siswa dapat berani untuk mengemukakan pendapatnya.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Santoso, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Student Teams Achievement Divisions, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar PKn.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 09 Feb 2018 01:29
Last Modified: 09 Feb 2018 01:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7907

Actions (login required)

View Item View Item