Penerapan Model Pembelajaran Make A Macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Siswa Kelas V Sd 1 Jati Wetan

KHOIRONI, AGUS WILDA (2017) Penerapan Model Pembelajaran Make A Macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Siswa Kelas V Sd 1 Jati Wetan. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (709kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I_new.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
daftar_pustaka.pdf - Accepted Version

Download (227kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan penerapan model pembelajaran Make A Macthdan menemukan peningkatan hasil belajarranah kognitif, afektif, dan psikomotorsiswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas V SD 1 Jati Wetan. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Make A Macth adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari kartu-kartu yang dibagikan guru. Hipotesis tindakan dalam penelitian penggunaan model pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 1 Jati Wetan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Jati Wetan dengan subjek penelitian 19 siswa. penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Macth. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor IPS siswa kelas V SD 1 Jati Wetan. Metode pengumpulan data meliputi opservasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa (ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik) dan keterampilan guru setiap siklusnya. Ketuntasaan klasikal siswa prasiklus 36.84%, meningkat pada siklus I menjadi 68.42%, dan pada siklus II meningkat menjadi 84.21%. Pada hasil belajar ranah afektif siklus I persentase 68.97% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 78.17% (baik). Sedangkan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I persentase 69.07% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 80.26% (baik). Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase 65.08(baik)% dan meningkat pada siklus II menjadi 85.34% (sangat baik). Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar (ranah kognitif, afektif, psikomotorik) siswa kelas V SD 1 Jati Wetan pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia, serta keterampilan guru. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada kelas V SD 1 Jati Wetan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar (ranah kognitif, afektif, psikomotorik) siswa kelas V SD 1 Jati Wetan pada materi proklamasi kemerdekaan indonesia, serta meningkakan keterampilan guru. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, semangat dan juga aktif agar dapat meningkatkan hasil belajar. Siswa juga hendaknya lebih membiasakan bekerjasama dengan siswa lain untuk menambah pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar, Make A Macth, IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 09 Feb 2018 01:50
Last Modified: 09 Feb 2018 01:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7911

Actions (login required)

View Item View Item