Bercerita Menggunakan Media Panggung Sketsa Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Iii Sd 1 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus

FATIMAH, SITI (2017) Bercerita Menggunakan Media Panggung Sketsa Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Iii Sd 1 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II_KAJIAN_PUSTAKA_DAN_HIPOTESIS.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV_HASIL_PENELITIAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V_PEMBAHASAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI_SIMPULAN_DAN_SARAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan media Panggung Sketsa (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media Panggung Sketsa (3) keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III dapat meningkat setelah penggunaan media Panggung Sketsa. Media Panggung Sketsa dibuat berdasarkan modifikasi wayang kulit dengan pembuatannya dari triplek dibentuk menjadi balok sebagai wadah serta tempat untuk pertunjukan bercerita. Siswa sebagai dalang memainkan wayang boneka yang telah tersedia. Media Panggung Sketsa digunakan dengan tujuan untuk menarik pembelajaran pada aspek keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian di SD 1 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus, subjek penelitiannya berjumlah 35 siswa kelas III. Variabel bebas adalah media Panggung Sketsa, sedangkan variabel terikat adalah peningkatan keterampilan berbicara. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis penelitian ini adalah diskriptif berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan media Panggung Sketsa meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan media Panggung Sketsa pada siklus I mendapatkan persentase 78% dengan kualifikasi (baik) atau berhasil. Meskipun sudah masuk kualifikasi baik namun ada salah satu indikator yang belum tercapai dengan baik yakni pada indikator keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Kemudian pada siklus II persentase meningkat menjadi 94% (sangat tinggi) kekurangan pada siklus I yakni pada indikator penguasaan kelas sudah mulai diatasi oleh guru dengan cara pemberian motivasi dan semangat kepada siswa supaya siswa lebih focus dengan pembelajaran yang berlangsung. Hasil aktivitas belajar siswa menggunakan media Panggung Sketsa mengalami peningkatan pada siklus I persentasenya 77% dengan kriteria baik karena siswa tertarik dengan media Panggung Sketsa yang digunakan pada kegiatan pembelajaran, namun beberapa siswa pun masih kurang fokus dengan pembelajaran, selanjutnya meningkat pada siklus II sebesar 91% (sangat baik), pada siklus II ini siswa semakin fokus dan memperhatikan pembelajaran, pada kegiatan kelompok pun siswa saling membantu sesama anggota kelompok, dan siswa semakin aktif dan berani maju ke depan kelas dalam kegiatan bercerita dan pada keterampilan berbicara siswa dari siklus I dan II mengalami peningkatan dari 54% menjdai 91% (sangat baik). Pada siklus I tidak banyak siswa yang berani untuk maju bercerita di depan kelas, dalam kegiatan bercerita kebanyakan siswa bersuara kurang keras, namum pada siklus II peningkatan telah terlihat karena siswa mulai berani maju ke depan kelas tanpa ditunjuk guru, dan berani bercerita dengan suara yang lantang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelasdapat disimpulkan bahwa melalui penerapan media Panggung Sketsa pada materi peristiwa keterampilan berbicara dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran aspek keterampilan berbicara dengan menggunakan media Panggung Sketsa, aktivitas belajar siswa dalam kegiatan berdiskusi, kegiatan bercerita dan dalam memperhatikan pembelajaran, serta keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III SD 1 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus meningkat dilihat dari keberanian dan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan bercerita di depan kelas.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1: Drs.Sucipto,M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Keterampilan Berbicara, Media Panggung Sketsa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 09 Feb 2018 01:50
Last Modified: 09 Feb 2018 01:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7912

Actions (login required)

View Item View Item