Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Penerapan Model Problem Solving Berbantuan Media Musik Instrumental Pada Siswa Kelas V Sd N 1 Jepangpakis Kudus

AYUNINGRUM, KARTIKA DIAN (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Penerapan Model Problem Solving Berbantuan Media Musik Instrumental Pada Siswa Kelas V Sd N 1 Jepangpakis Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (624kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II_KAJIAN_PUSTAKA_DAN_HIPOTESIS_TINDAKAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV_HASIL_PENELITIAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V_HASIL_PENELITIAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI_SIMPULAN_DAN_SARAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (146kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model problem solving berbantuan musik instrumental pada siswa kelas V SD 1 Jepangpakis Jati Kudus. Model pembelajaran Problem Solving adalah salah satu strategi untuk mengembangkan keterampilan memecahkan masalah ialah menghadapkan siswa pada masalah-masalah yang memerlukan pemecahan secara kreatif atau yang memiliki berbagai kemungkinan pemecahan. Yang menjadi fokusnya adalah proses pemecahan masalah. Siswa didorong untuk mengidentifikasi masalah dan kendala-kendala dalam pemecahannya, membuat asumsi-asumsi, dan mengemukakan kemungkinan-kemungkinan pemecahannya. Penelitian Tindakan Kelas ini telah dilaksanakan di SD N 1 Jepangpakis Jati Kudus dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Solving sedangkan variabel terikatnya yaitu keterampilan menulis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II meningkat dan pembelajaran sudah berhasil dengan menggunakan model problem solving berbantuan media musik instrumental dengan meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas kelas V SD 1 Jepangpakis Kudus. Rata-rata hasil belajar aktivitas siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yakni 70%. Keterampilan guru pada siklus I diperoleh rata-rata 83,78% dan siklus II diperoleh rata-rata 91,94% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan keterampilan siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 71,50% dan siklus II 100% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model problem solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa bahasa Indonesia, serta dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, dan keterampilan menulis puisi bebas pada siswa kelas V SD 1 Jepangpkakis Jati Kudus. Adapun saran yang diberikan yakni guru dapat menggunakan model pembelajaran problem solving dan media musik instrumental sebagai alternatif model dan media dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr.Murtono,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan Menulis Puisi, Problem Solving
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 09 Feb 2018 01:57
Last Modified: 09 Feb 2018 01:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7913

Actions (login required)

View Item View Item