PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION KELAS IV SDN 4 JATIWETAN KUDUS

Setiani, Tri (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION KELAS IV SDN 4 JATIWETAN KUDUS. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (351kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn materi globalisasi siswa kelas IV SDN 4 Jatiwetan Kudus melalui model pembelajaran STAD, (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn pada materi globalisasi kelas IV SDN 4 Jatiwetan Kudus melalui model pembelajaran STAD, (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi globalisasi kelas IV SDN 4 Jatiwetan Kudus melalui model pembelajaran STAD. Model pembelajaran STAD merupakan model pembelajaran kooperatif sederhana yang cocok digunakan untuk mengembangkan kemampuan siswa. Model pembelajaran STAD menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah setiap anggota kelompok 4 – 5 orang siswa yang dibentuk secara heterogen. Pembelajaran diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 4 Jatiwetan Kudus dengan subjek penelitian 37 siswa, penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap di setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini yaitu model pembelajaran STAD, dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi globalisasi kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasil penelitian dengan model STAD dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran dari siklus I ke siklus II yaitu dari persentase 76% menjadi 83,5%. Persentase hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan di siklus I ke siklus II, dari 70% menjadi 86%. Aktivitas belajar siswa pada ranah afektif juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 73,5% menjadi 81,5%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas belajar siswa ranah psikomotorik dari siklus I ke siklus II yaitu dari 74,5% menjadi 81%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di kelas IV SDN 4 Jatiwetan Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran STAD dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar kognitif siswa, aktivitas belajar siswa aspek afektif dan psikomotorik, serta dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV SDN 4 Jatiwetan. Saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru menggunakan model STAD sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Dr.Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, Materi Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 09 Feb 2018 01:56
Last Modified: 09 Feb 2018 01:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7914

Actions (login required)

View Item View Item