PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CURIOSITY BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGBENER

SYAUQIE, LUTFILLAH (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CURIOSITY BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGBENER. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, umk.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (969kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (176kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan model discovery learning untuk meningkatkan ketrampilan guru dalam proses pembelajaran materi mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 2 Karangbener, (2) mengetahui penerapan model Discovery learning dalam meningkatkan curiosity IPA materi daur air pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karangbener. Keterampilan mengajar dengan melibatkan kegiatan siswa secara langsung dapat membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa. Model dalam kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh terhadap curiosity belajar siswa. Curiosity (rasa ingin tahu) merupakan sikap atau tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yang dipelajarinya, dilihat dan didengar. Pemilihan model discovery learning dalam penelitian ini dirasa tepat karena mempunyai karakteristik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan aktifitas dan menumbuhkan rasa senang siswa dalam proses belajar mengajar dengan langkah-langkahnya (1) stimulation, (2) problem statement, (3) data collection,(4) data processing, (5) verification, (6) generalization. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan 75 % dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran IPA melalui penerapan model discovery learning. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SD Negerei 2 Karangbener Bae Kudus dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model discovery learning sedangkan variabel terikatnya adalah curiosity belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dan non tes diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa persentase hasil tes curiosity siswa memperoleh nilai sebesar 68,8% dengan kriteria kurang, sehingga masih belum dapat mencapai indikator keberhasilan penelitian. Pada siklus II, langkah-langkah penerapan model discovery learning untuk meningkatkan curiosity siswa dilakukan dengan guru memperhatikan lebih menyeluruh kepada semua siswa saat sedang melakukan kegiatan penemuan, guru lebih optimal dalam memberikan bimbingan berupa pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengarahkan siswa melakukan kegiatan penemuan dengan benar, dan siswa dibentuk dalam kelompok diskusi yang masing-masing kelompok beranggotakan 5 siswa. Persentase siswa memperoleh nilai sebesar 87,7%, terjadi peningkatan sebesar 18,9%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, dan curiosity siswa kelas V SD Negeri 2 Karangbener Kudus. Saran yang disampaikan yakni pembelajaran dengan model discovery learning perlu dilaksanakan dalam pembelajaran IPA, karena dapat meningkatkan curiosity. Guru harus bisa memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1:Fina Fakhriyah,S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Discovery Learning, Curiosity, Daur Air
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:46
Last Modified: 09 Feb 2018 02:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7922

Actions (login required)

View Item View Item