WELAS ASIH WELAS ASIH WELAS ASIH ASIH , WELAS (2017) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA BERBANTUAN MEDIA KOMIK MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD 6 KANDANGMAS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (661kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (216kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatan aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SD 6 Kandangmas Dawe Kudus. Pemahaman konsep merupakan kemampuan dari seseorang untuk menangkap sesuatu itu untuk diketahui dan diingat. Seorang siswa dapat dikatakan memahami sesuatu apabila ia dapat memberikan penjelasan atau memberikan uraian yang lebih rinci tentang hal yang ia pelajari menggunakan bahasa atau kata-katanya sendiri. Model pembelajaran Group Investigation adalah model pembelajaran yang membimbing siswa berfikir tinggi dan mempunyai kemampuan berkomunikasi antar siswa yang baik dalam berkelompok sehingga memudahkan siswa saat mengikuti pembelajaran. Media komik adalah suatu bentuk kartun yang mengungkapkan suatu karakter cerita dalam urutan yang dihubungkan dengan gambar dan tulisan yang dirancang sebagai media sekaligus hiburan pembaca. Jenis komik yang digunakan peneliti dalam penelitian adalah komik strip. Konsep komik yang dibuat peneliti sendiri sesuai tujuan pembelajaran peneliti. Hipotesis dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa dan pemahaman siswa dengan diterapkannya Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Berbantuan Media Komik Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD 6 Kandangmas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 6 Kandangmas dengan subjek 26 siswa. Penelitian berlangasung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. variabel bebasnya adalah Penerapan Model Group InvestigationBerbantuan Media Komik. Variabel terikatnya adalah peningkatan pemahaman konsep siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara kualitatif yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Sedangkan analisis data secara kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menentukan mean atau rata-rata. Hasil penelitian terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi masalah sosial menunjukkan bahwa penggunaan Model Group Investigationberbantuan media komik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan pemahaman siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat secara signifikan antara hasil prasiklus (40,28%), siklus I (65%), siklus II (84,7%). Pemahaman siswa juga meningkat dari prasiklus (34,61%), siklus I (65,39%), dan siklus II (80,77%). Simpulan dari penelitian ini yakni Penerapan Model Group InvestigationBerbantuan Media Komik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan pemahaman siswa kelas IV SD 6 Kandangmas Dawe Kudus. Untuk itu disarankan menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan sesuai karakteristik siswa, perkembangan siswa, materi pembelajaran dan juga proses pembelajaran lain supaya siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Ika Oktavianti,M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation,Pemahaman Konsep, Media Komik |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 09 Feb 2018 03:29 |
Last Modified: | 09 Feb 2018 03:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7928 |
Actions (login required)
View Item |