Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kemerdekaan Indonesia Mata Pelajaran Ips Menggunakan Model Picture And Picture Berbantu Puzzle Di Kelas V Sdn I Kandangmas

PRAKOSO, FEBRIAN DWI AJI (2017) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kemerdekaan Indonesia Mata Pelajaran Ips Menggunakan Model Picture And Picture Berbantu Puzzle Di Kelas V Sdn I Kandangmas. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (648kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (225kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada IPS materi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN I Kandangmas menggunakan model pembelajaran picture and picture berbantu puzzle. Hasil belajar merupakan hasil nyata yang dicapai melalui kegiatan belajar. Salah satu kegiatan belajar yang didapatkan di sekolah yaitu belajar IPS. Sejarah yang dipelajari salah satunya kemerdekaan Indonesia, terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan bangsa lain sehingga Indonesia dapat menentukan masa depannya sendiri. Model picture and picture berbantu puzzle digunakan untuk proses pembelajaran IPS materi kemerdekaan Indonesia, untuk pemanfaatan puzzle berupa gambar tokoh pahlawan kemerdekaan Indonesia. Picture and picture adalah salah satu model pembelajaran yang memanfaatkan gambar nyata, contoh media yang menggunakan gambar nyata adalah puzzle. Puzzle adalah sebuah media berupa potongan gambar yang dapat dibongkar pasang dan dirangkai menjadi gambar yang utuh. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah (1) terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru melalui model picture and picture berbantu puzzle, 2) terjadi peningkatan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas V SDN I Kandangmas Dawe Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas design Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN I Kandangmas Kudus dengan subjek penelitian berjumlah 18 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru pada materi kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan antara siklus I (78,3%) dan siklus II (93,35%). Di samping itu, juga terjadi peningkatan pada hasil belajar IPS siswa kelas V SDN I Kandangmas pada ranah kognitif antara siklus I 70,6 (baik) dan siklus II 80,3 (baik). Tak hanya itu peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa ranah afektif antara siklus I (66,4%) ke siklus II (76,8%). Pada hasil belajar ranah psikomotorik siswa SDN I Kandangmas Kudus juga mengalami peningkatan antara siklus I (64,7%) dan siklus II (77,7%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SDN I Kandangmas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture berbantu puzzle berhasil dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada mata pelajaran IPS materi kemerdekaan Indonesia. Disarankan bagi guru menerapkan model pembelajaran yang kreatif salah satunya dengan model picture and picture berbantu puzzle agar siswa tidak cepat bosan dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1: IKA OKTAVIANTI,S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, Kemerdekaan Indonesia, Model Picture and Picture, Puzzle
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 01:04
Last Modified: 10 Feb 2018 01:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7930

Actions (login required)

View Item View Item