Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Sifat-Sifat Cahaya Pada Kelas V Sdn Margorejo 01

YAHYA, DIEKA RADHIATUL (2017) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Sifat-Sifat Cahaya Pada Kelas V Sdn Margorejo 01. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (cover)
1._COVER.pdf - Accepted Version

Download (480kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
2._BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
3._BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (685kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
4._BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
5._BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
6._BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
7._BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
9._lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model problem based learning dan menemukan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, peningkatan aktivitas belajar siswa, dan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada kelas V SDN Margorejo 01 pada materi sifat-sifat cahaya. Kemampuan pemecahan masalah merupakan poses belajar yang dilakukan oleh siswa, yaitu untuk mencari sebuah solusi dari masalah yang dihadapinya. Problem Based Learningadalah model pembelajaran yang menekankan siswa dalam memecahkan masalah dan menyajikan masalah sebagai sumber belajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa materi sifat-sifat cahaya pada kelas V SDN Margorejo 01. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN Margorejo 01 dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung pada dua siklus, setipa siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Problem Based Learning. sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil kemmapuan pemecahan masalah siswa pada materi sifat-sifat cahaya yang cukup signifikan antara siklus I (72,96%) dan siklus II (80,45%), didukung dengan aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I 64,60 (baik) menjadi 77,78% (baik) pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada ranah psikomotorik siklus I 59,23% (cukup) meningkat menjadi 80,4% (baik). Pengelolaan pembelajaran model problrm based learning juga mengalami peningkatan pada siklus I 76,65% (baik) menjadi 88,3% (sangat baik) siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Margorejo 01 dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kemmapuan pemecahan masalah siswa, aktivitas siswadan keterampilan guru pada matreri sifat-sifat cahaya kelas V SDN Margorejo 01. Dalam menerapkan model problem based learning, guru harus memberikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata agar siswa dapat mengembangkan daya beripikirnya untuk memecahkan masalah tersebut.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Khamdun, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sifat-Sifat Cahaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 01:13
Last Modified: 10 Feb 2018 01:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7933

Actions (login required)

View Item View Item