Implementasi Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Berbantu Media Mini Album Ceria

NORJANNAH, FENTI (2017) Implementasi Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Berbantu Media Mini Album Ceria. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftra pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (194kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik IPS siswa kelas V SDN Plosojenar setelah diterapkannya model pembelajaran example non example berbantu media mini album ceria, dan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar IPS guru kelas V SDN Plosojenar setelah diterapkannya model pembelajaran example non example berbantu mini album ceria. Hasil belajar IPS merupakan perubahan tingkah laku setelah proses pembelajaran mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Model example non example merupakan model pembelajaran yang membelajarkan siswa terhadap permasalahan yang ada di sekitarnya melalui gambar, baik gambar relevan maupun gambar tidak relevan dengan materi. Media Mini Album Ceria merupakan sebuah media pembelajaran berupa album foto untuk menyampaikan materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kepada siswa. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik IPS serta keterampilan mengajar guru setelah diterapkannya model example non example berbantu media mini album ceria kelas V SDN Plosojenar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Plosojenar berjumlah 19 anak. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Uji validitas menggunakan validitas konstruk product moment. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS siswa pada materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia antara siklus I (52,63%) dan siklus II (78%), didukung hasil belajar ranah afektif siklus I rata-rata persentase 59, 21% kualifikasi sedang, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 73% kualifikasi tinggi. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotorik siklus I rata-rata persentase 59,65% kualifikasi sedang, kemudian meningkat pada siklus II 75,43% kualifikasi tinggi. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan. Siklus I rata-rata persentase sebesar 74,23% kualifikasi baik, siklus II menjadi 90,28% kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Plosojenar Jakenan Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan model example non example berbantu media mini album ceria dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Plosojenar Jakenan Pati. Adapun saran yang diberikan yaitu guru dapat menggunakan model pembelajaran example non example berbantu media mini album ceria untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Ika Oktavianti S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : example non example, hasil belajar, IPS, media mini album ceria
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 02:01
Last Modified: 10 Feb 2018 02:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7943

Actions (login required)

View Item View Item