Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Model Think Talk Write Berbantuan Lingkungan Belajar Pada Siswa Kelas V Sdn 2 Megawon Kudus

ANAM, M. KHOIRUL (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Model Think Talk Write Berbantuan Lingkungan Belajar Pada Siswa Kelas V Sdn 2 Megawon Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (621kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi bebas dengan diterapkannya model think talk write berbantuan lingkungan belajar (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis puisi bebas dengan diterapkannya model think talk write berbantuan lingkungan belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 2 Megawon Kudus (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi bebas setelah diterapkannya model think talk write berbantuan lingkungan belajar pada siswa kelas V SDN 2 Megawon Kudus. Keterampilan menulis merupakan kemampuan menuangkan buah pikiran atau gagasan ke dalam bentuk bahasa tulis melalui kalimat-kalimat yang dirangkai secara utuh, lengkap dan jelas sehingga buah pikiran tersebut dapat dikomunikasikan kepada pembaca dengan berhasil. Think talk write merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada kemampuan berpikir (think), berbicara (talk) dan menulis (write) peserta didik. Lingkungan Belajar adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat berlangsungnya proses belajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model think talk write berbantuan lingkungan belajar dapat meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Indonesia materi puisi bebas bagi siswa kelas V SDN 2 Megawon Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Megawon Kudus dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah adalah model think talk write. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis puisi bebas siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas pada siklus I memperoleh nilai persentase 67,58% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 78,23% dengan kategori baik; (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 71,05% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 80,34% dengan kategori sangat baik; dan (3) keterampilan menulis puisi bebas siswa pada prasiklus memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebanyak 36,85%, meningkat pada tes siklus I dengan ketuntasan klasikal mencapai 63,15% dengan rata-rata nilai 70,42 dan terjadi peningkatan lagi pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal 84,21% dengan rata-rata nilai 78,42. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V SDN 2 Megawon Kudus. Saran yang disampaikan yakni pembelajaran dengan model pembelajaran think talk write perlu dilaksanakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas, karena model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Guru harus bisa memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran dengan melakukan bimbingan secara intensif.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran Think Talk Write, Lingkungan Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 02:11
Last Modified: 10 Feb 2018 02:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7945

Actions (login required)

View Item View Item