SULISTIYAWATI, ENI (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI MODELPEMBELAJARANROLE PLAYING DIKELAS IV SD GLANTENGAN KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (573kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (201kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA materi Perubahan Lingkungan melalui model pembelajaran Role Playing di kelas IV SD Glantengan Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD Glantengan Kota Kudus dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Role Playing. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Metode penelitian ini yakni observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Role Playing meningkat di setiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I yakni 80,55% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan persentase aktivitas belajar afektif siklus I 82,4% dengan kriteria sangat baik kemudian meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas belajar psikomotorik siklus I 78,2% dengan kriteria baik kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,5% dengan kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan hasil belajar setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 66,67% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 79,97% dengan kriteria baik. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Glantengan Kudus dapat meningkat dan berhasil dengan baik setelah diterapkannya model pembelajaran Role Playing. Simpulan pada penelitian ini yakni dengan diterapkannya model pembelajaran Role Playing dalam mata pelajaran IPA, keterampilan guru dapat meningkat, dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Saran pada penelitian ini yakni agar siswa lebih meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran dan guru hendaknya dapat menginovasikan model-model pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1:Drs. Sucipto, M.Pd., Kons |
Kata Kunci: | Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Role Playing. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 10 Feb 2018 02:19 |
Last Modified: | 10 Feb 2018 02:19 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7946 |
Actions (login required)
View Item |