Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Penerapan Model Concept Sentence Berbantuan Media Kartu Bergambar Siswa Kelas Iv Sd 3 Rejosari Dawe Kudus

FEBRIANI, LIA (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Penerapan Model Concept Sentence Berbantuan Media Kartu Bergambar Siswa Kelas Iv Sd 3 Rejosari Dawe Kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman depan]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui penerapan model concept sentence berbantuan media kartu bergambar. Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek berbahasa yang penting. Menulis merupakan kegiatan mengungkapkan ide atau gagasan yang tersusun dalam bentuk lambang/tanda/tulisan yang bermakna dan utuh. Keterampilan menulis dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran salah satunya adalah model concept sentence. Model concept sentence adalah strategi pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan kartu-kartu yang berisi beberapa kata kunci kepada siswa, kemudian kata kunci-kata kunci tersebut disusun menjadi beberapa kalimat dan dikembangkan menjadi sebuah paragraf. Media kartu bergambar adalah sebuah alat yang terbuat dari kertas tebal yang berisi materi berupa gambar dan kata-kata yang sesuai dengan pokok bahasan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 3 Rejosari Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah moddel concept sentence berbantuan media kartu bergambar. Sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan deskripsi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model concept sentence berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi , keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yaitu (1) presentase ketuntasan belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis karangan deskripsi siklus I diperoleh hasil 15 siswa tuntas dan 8 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 65,21%, meningkat pada siklus II diperoleh hasil 19 siswa tuntas dan 4 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 82,60%; (2) Keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh pencapaian rata-rata 75% dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II memperoleh pencapaian rata-rata 82,81% dengan kriteria “sangat baik”; (3) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus I 71,73% dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 81,25% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model concept sentence berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa kelas II SD 3 Rejosari Dawe Kudus. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model concept sentence berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD 3 Rejosari Dawe Kudus. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya menerapkan model concept sentence berbantuan media kartu bergambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV. Bagi siswa, hendaknya siswa berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: Kata kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, Model Concept Sentence, Media Kartu Bergambar. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, Model Concept Sentence, Media Kartu Bergambar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 02:45
Last Modified: 10 Feb 2018 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7949

Actions (login required)

View Item View Item