Peningkatan Prestasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Berbantu Media Wayang Tokoh Bagi Kelas Vsdn Cengkalsewu 01 Pati

AINI, NUR (2017) Peningkatan Prestasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Berbantu Media Wayang Tokoh Bagi Kelas Vsdn Cengkalsewu 01 Pati. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (681kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Cengkalsewu 01 Pati dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media Wayang Tokoh, mendeskripsikan aktivitas belajar siswa, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media Wayang Tokoh. Prestasi belajar IPS merupakan tingkat maksimum yang dicapai siswa selama mempelajari mata pelajaran IPS di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor atau angka. Peningkatan terhadap prestasi belajar IPS dapat dilakukan melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Wayang Tokoh. Model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick merupakan salah satu model pembelajaran Kooperatif yang dalam proses pembelajarannya guru menggunakan tongkat. Media wayang tokoh merupakan media yang terbuat dari kertas yang kemudian akan dibuat gambar tokoh pejuang yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Melalui media wayang tokoh akan membuat pembelajaran menjadi lebih hidup, menarik, dan menyenangkan bagi siswa sehingga akan memudahkan siswa dalam memahami materi mempertahankan kemerdekaan yang disampaikan oleh guru. Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah melalui penerapan model Kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media Wayang Tokoh, aktivitas belajar siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN Cengkalsewu 01 Pati dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media Wayang Tokoh. Sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian keterampilan mengajar IPS guru pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 70,65% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77,17% dengan rata-rata persentase 73,91%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase skor 72,01% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 76,13% dengan rata-rata skor 74,07%. Hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 75,16 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 73% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata kelas 78,18 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,38% Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas V SDN Cengkalsewu 01 Pati dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media wayang tokoh dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Adapun saran yang diberikan yaitu guru dapat menggunakan model Talking Stick berbantuan media wayang tokoh sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Kata Kunci: Kata Kunci: Prestasi Belajar IPS, Talking Stick, Media Wayang Tokoh, Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 03:34
Last Modified: 10 Feb 2018 03:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7954

Actions (login required)

View Item View Item