HIDAYAH, ARIS NUR (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Think Talk Write Berbantuan Mini Diorama Pada Siswa Kelas Iv Sdn Tanjung Sekar Pati. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (709kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_IIII.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (650kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (210kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (20MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model think talk write berbantuan media mini diorama pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas IV SDN Tanjung Sekar Pati dengan subjek penelitian 12 siswa. Menulis merupakan suatu kegiatan komunikasi berupa penyampaian pesan (informasi) secara tertulis kepada pihak lain dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Model TTW merupakan model sistematis yang terdiri dari tahap (think, talk, write). Hipotesis dalam penelitian ini adalah penggunaan model TTW (think talk write) berbantuan media mini diorama dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dalam belajar dan keterampilan menulis karangan deskripsi. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model TTW (think talk write) berbantuan media mini diorama. Sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis deskripsi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai belajar bahasa Indonesia siswa pada materi menulis karangan deskripsi yang signifikan antara siklus I (67,00%), dan siklus II (91,67%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 71,00% (baik), dan pada siklus II menjadi 87,58% (sangat baik). Keterampilan mengajar guru dengan model think talk write mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata 65,21% (baik) dan pada siklus II menjadi 88,04% (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model think talk write berbantuan media diorama dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi kelas IV SDN Tanjung Sekar Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model think talk write berbantuan media diorama dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Tanjung Sekar Pati. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran think talk write berbantuan media diorama guru harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya agar siswa lebih berani dan percaya diri.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 :Mila Rosya, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata kunci: Keterampilan Menulis Deskripsi, Model TTW (think talk write), Media Mini Diorama. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 10 Feb 2018 03:42 |
Last Modified: | 10 Feb 2018 03:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7955 |
Actions (login required)
View Item |