Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Wayang Beber Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Menganti Jepara

UMAM, MIFTAHUL (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Wayang Beber Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Menganti Jepara. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (hal. judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (613kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind mapping (peta pikiran) pada materi menulis puisi bebas kelas V SDN 1 Menganti Jepara. Keterampilan menulis merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengungkapkan segala sesuatu yang ada dalam pikiran dan perasaan dalam bentuk bahasa tulis untuk disampaikan kepada pembaca atau penerima pesan. Model Mind mapping adalah model pembelajaran yang menggunakan catatan-catatan kecil hasil dari gagasan, pikiran, prasaan yang berbentuk diagram, tulisan, maupun simbol-simbol yang saling terintegrasi sehingga memenciptakan ide-ide baru. Wayang beber merupakan media yang diadaptasi dari wayang konvensional, berbentuk lembaran­lembaran yang kedua ujungnya diberi tongkat untuk penyangga. Wayang beber dimainkan dengan membuka lembaran tersebut dan menggulungnya diganti lembaran baru pada cerita selanjutnya. Wayang beber dikembangkan dan dikreasikan melalui tokoh-tokoh yang lebih bersifat bebas dan beragam. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran mind mapping berbatuan media wayang beber dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 1 Menganti Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN 1 Menganti Jepara dengan subjek penelitian 34 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Mind mapping dan media wayang beber, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis puisi bebas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa keterampilan mengajar guru pada siklus I mendapat skor total 88 dengan persentase 81,4% dengan kriteria sangat baik dan hasil siklus II mendapat skor total 96 dengan persentase 88,8% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa dilihat dari indikator pencapaian juga mengalami peningkatan, yakni pada siklus I mendapat skor rata-rata 99,37 dengan pencapaian 77,63% dengan kriteria baik dan siklus II diperoleh skor rata-rata 110,62 dengan pencapaian 86,42% dengan kriteria sangat baik. Keterampilan menulis puisi siswa meningkat, pada siklus I ketuntasan klaksikal 64,70% dan pada siklus II ketuntasan klaksikal mencapai 85,29% dengan kriteria ketuntasan belajar minimal ≥75. Simpulan penelitian ini adalah penerapkan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 1 Menganti Jepara. Saran peleiti yaitu hendaknya guru menerapkan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran yang terbaru dan inovatif sesuai dengan materi pembelajaran sehingga siswa akan berpartisipasi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan media wayang beber.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan Menulis Puisi, Model Pembelajaran Mind Mapping, Media Wayang Beber.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 04:06
Last Modified: 10 Feb 2018 04:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7957

Actions (login required)

View Item View Item