YUSUF, MAHARDITYA MAULANA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SD 3 BESITO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal.judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version Download (789kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (304kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Updated Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola model pembelajaran Student Teams Achievement Division, menjelaskan aktivitas belajar siswa materi globalisasi dengan model pembelajaran Student teams Achievement Division, dan peningkatan hasil belajar PKn menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division Pada Siswa Kelas IV SD 3 Besito Kudus. Hasil belajar adalah kemampuan siswa setelah pembelajaran yang meliputi perubahan tingkah laku, pengetahuan, keterampilan yang dicapai meliputi aspek kognitif, afektif, psikomotorik. Pendidikan Kewarganegaraan adalah pelajaran yang membentuk diri untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral pada bangsa Indonesia. Student Teams Achievement Division adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar dengan cara melibatkan kerjasama siswa dalam suatu konsep, evaluasi, nilai atau pencapaian kelompok dari nilai rata-rata anggota kelompok. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn kelas IV SD 3 Besito. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 3 Besito Kudus dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan, pada keterampilan guru pengelolaan pembelajaran model Student Teams Achievement Division mengalami peningkatan pada siklus I 68,94% (baik) menjadi 83,59% (sangat baik) siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I 66,05% (baik) menjadi 76,5% (baik) siklus II. Hasil belajar PKn siswa pada materi globalisasi yang cukup signifikan antara siklus I (74,64%) dan siklus II (78,21%), didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 67,66% (baik) menjadi 77,67% (baik) siklus II, hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I 64,87% (baik) menjadi 77,67% (baik) siklus II. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan pada kelas IV SD 3 Besito Kudus dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi kelas IV SD 3 Besito Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1: Dr.Murtono,M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, dan Student Teams Achievement Division. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 01:01 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 01:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7964 |
Actions (login required)
View Item |