PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA TOPENG PADA SISWA KELAS V DI SD 3 PIJI DAWE KUDUS

INKASARI, FAJAR DEVI (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA TOPENG PADA SISWA KELAS V DI SD 3 PIJI DAWE KUDUS. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, umk.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (238kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
lampiran_skripsi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Role Playingberbantuan media topeng dan menemukan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD 3 Piji Dawe Kudus. Hasil belajar merupakan suatu kemampuan yang dihasilkan oleh siswa setelah proses pembelajaran berlangsung. Role Playing merupakan suatu model pembelajaran inovatif yang dilakukan dengan memerankan diri sebagai tokoh dalam materi pembelajaran untuk mengembangkan imajinasi dan penghayatan peserta didik agar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Media topeng adalah media yang mempermudah siswa dalam bermain peran sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan. Hipotesis tindakan penelitian ini yakni peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan peningakatan hasil belajar siswa melalui model Role Playing berbantuan media topeng pada siswa kelas V SD 3 PijiDawe Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas V SD 3 Piji Dawe Kudus dengan subyek penelitian guru kelas V dan 20 siswa kelas V. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Role Playing. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan pengelolaan pembelajaran model Role Playingberbantuan media topeng mengalami peningkatan pada siklus I 78,33% (baik) menjadi 84,16%(baik) pada siklus II. Hasil belajar PKn siswa kelas V materi keputusan bersama yang cukup signifikan antara siklus I (60%), dan siklus II (90%), didukung dengan peningkatan aktivitas siswaranah afektif pada siklus I 77,25% (baik) menjadi 83,62% (baik) pada siklus II, aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I 78,48% (baik) menjadi 84,63% (baik) siklus II. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada kelas V SD 3 Piji Dawe Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan modelRole Playingberbantuan media topeng dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi keputusan bersama kelas V SD 3 Piji Dawe Kudus. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran, guru lebih menguasai beberapa metode dan model pembelajaran yang efektif, sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan secara kondusif dan inovatif yang bias membuat pelajaran PKn menjadi lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1: Dr.Murtono,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:Hasil Belajar, Model Role Playing, Media Topeng
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:21
Last Modified: 12 Feb 2018 01:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7969

Actions (login required)

View Item View Item