Analisis Karakteristik Perusahaan terhadap Indeks Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Studi Empiris pada Perusahaan Otomotif yang Tercatat di BEI)

Gosek, Ngatemin (2012) Analisis Karakteristik Perusahaan terhadap Indeks Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Studi Empiris pada Perusahaan Otomotif yang Tercatat di BEI). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.judul) - Accepted Version
Download (386Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab.I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (289Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab.II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (387Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab.III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (311Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab.IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (558Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab.V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (172Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
              Download (217Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (1044Kb) | Request a copy
                  [img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (344Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris: adanya pengaruh positif dan signifikan Size (TK) terhadap Indeks Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, adanya pengaruh positif dan signifikan Profitabilitas (EPS), Profile (PROFILE), Leverage (LEV), Ukuran Dewan Komisari (KOM), Kepemilikan Institusional (KI) terhadap Indeks Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan yang tercatat di BEI,baik secara simultan ataupun parsial. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, berupa angka untuk dianalisis dengan prosedur statistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi, sudah dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain, biasanya sudah dalam bentuk publikasi. Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan. Penelitian ini hanya menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan otomotif di Bursa Efek Indonesia periode 2010 yang diperoleh melalui website www.idx.co.id Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari size (TK) terhadap indeks pengungkapan tanggung jawab sosial, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari profitabilitas (EPS) terhadap indeks pengungkapan tanggung jawab sosial, variabel profile tidak dapat dianalisis karena bernilai konstan (0) atau tidak memberikan pengaruh sedikitpun terhadap indeks pengungkapan tanggung jawab sosial, terdapat pengaruh yang signifikan dari leverage terhadap indeks pengungkapan tanggung jawab sosial, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kepemilikan institusi terhadap indeks pengungkapan tanggung jawab sosial, terdapat pengaruh postif dan signifikan dari ukuran dewan komisaris terhadap indeks pengungkapan tanggung jawab sosial, secara simultan atau bersama-sama faktor size, profitabilitas, leverage, kepemilikan institusi dan ukuran dewan komisaris secara signifikan berpengaruh positif terhadap indeks pengungkapan tanggung jawab perusahaan pada perusahaan otomotive, dapat dilihat probabilitas value dalam penelitian ini yaitu sebesar 0,075 yang berarti angka ini berada di bawah angka 0,05; kecuali untuk variabel profile memiliki nilai yang konstan (0). Variabel profile memiliki standar deviasi sebesar 0,000 sehingga tidak dapat dianalisis dan dimasukkan dalam persamaan regresi, serta nilai Adjusted R Square sebesar 0,637 atau 63,7%. Hasil ini berarti bahwa ada kontribusi sebesar 63,7% yang bisa dijelaskan dari variabel independen dalam memprediksi indeks pengungkapan tanggung jawab perusahaan pada perusahaan otomotive yang menjadi target populasi, sedangkan sisanya 26,3% (100% - 63,7%) dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing I = Febra Robiyanto, SE, M.Si, Akt Pembimbing II = Dwi Soegiarto, SE, MM
                    Uncontrolled Keywords: size, profitabilitas, profile, leverage, kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, indeks pengungkapan tanggung jawab sosial, perusahaan otomotive
                    Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Transportasi & komunikasi > Transportasi otomotif meliputi truk, bis, angkutan, dan taksi
                    Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
                    Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Psikologi industri
                    Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri > Tanggung jawab sosial dalam bisnis
                    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
                    Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
                    Tanggal Deposit: 19 Jan 2013 09:48
                    Last Modified: 19 Jan 2013 09:48
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/797

                    Actions (login required)

                    View Item