PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN Pkn KELAS IV SD 1 GAMONG KUDUS

ROFI’I, AHMAD (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN Pkn KELAS IV SD 1 GAMONG KUDUS. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (473kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (247kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar pada mata pelajaran PKn kelas IV SD 1 Gamong Kudus; (2) mendeskripsikan aktivitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran PKn kelas IV SD 1 Gamong Kudus; dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran PKn kelas IV SD 1 Gamong Kudus. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku pada diri siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. PKn merupakan pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk ikut serta berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Gamong Kudus dengan subjek penelitian sebanyak 22 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas pada penelitian ini yakni model pembelajaran Two Stay Two Stray, adapun variabel terikatnya hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn yang dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) keterampilan guru dalam pembelajaran PKn pada siklus I medapatkan persentase 67,59% termasuk kriteria baik dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 86,11% termasuk kriteria sangat baik; (2) aktivitas belajar ranah afektif dan psikomotorik pada siklus I mendapatkan persentase 49,16% termasuk kriteria kurangdan meningkat pada siklus II mencapai persentase 73,62% termasuk kriteria baik; dan (3) persentase ketuntasan klasikal hasil belajar PKn prasiklus 27,27% dengan rata-rata nilai 71,22 dengan kriteria baik, meningkat pada tes siklus I dengan ketuntasan klasikal mencapai 54,55% dengan rata-rata nilai 74,77 dengan kriteria baik dan meningkat lagi pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal 81,82%. dengan rata-rata nilai 81,36 dengan kriteria baik. Penerapam model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD 1 Gamong Kudus. Saran yang disampaikan yakni pembelajaran dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray perlu dilaksanakanpada pembelajaran PKn

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1:Drs.Moh Konzunnudin,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray,Hasil Belajar PKn, Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:58
Last Modified: 12 Feb 2018 01:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7978

Actions (login required)

View Item View Item