Penerapan Model Pembelajaran Make A Matchberbasis Karakter Jujur Dan Disiplin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas Iv Sd 3 Kandangmas Kudus

IZZA, AHMAD SIROJUL (2017) Penerapan Model Pembelajaran Make A Matchberbasis Karakter Jujur Dan Disiplin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas Iv Sd 3 Kandangmas Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (706kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan keterampilan mengajar guru, karakter jujur dandisiplinsertahasilbelajardalam pembelajaranPKn materiglobalisasidengancaramenerapakan model pembelajaranmake a matchModel Pembelajaran Make a Match adalahdimanasiswadimintauntukmenccocokansebuahmaterimelaluikartu-kartu yang berisikartupertanyaandan kartu-kartujawaban. Model inidirasacocokkarenadapatmengembangkancaraberpikirsiswadanmengasahkreativitassiswa. Keterampilanmengajar guru berpengaruhterhadaphasilbelajardankarakter siswa. Hasilbelajaradalahhasil yang diperolehsiswasetelahmelakukan proses pembelajaran yang di dapatsetelahmengerjakanlembarevaluasi. Karaktersiswajugaterbentukselama proses pembelajaranberlangsung. Penelitian tindakan kelas akan dilasanakan di kelas IV SD 3 KandangmasKudus dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Variabelbebasyaitu model pembelajaranmake a match danvariabelterikatyaituhasilbelajarPKn. Teknikpengumpulan data menggunakanteknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakanyaituanalsis data kuantitatifdankualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan persentase hasil belajar pada ranah kognitif PKn siswa pada materi globalisasi yang cukup signifikan pada siklus I (63,33%) dan siklus II (83,83%), pada ranah afektif juga meningkat siklus I (64,33%) menjadi siklus II (90,52%), ranah psikomotorik siklus I (67,08%) menjadi siklus II (83,33%). Karakter jujur dan disiplin juga mengalami peningkatan siklus I (70,42%) dan siklus II (84,79%). Keterampilan guru mengelola pembelajaran meningkat dari siklus I (71,42%) menjadi siklus II (84,48%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a matchBerbasis Karakter Jujur dan disiplin untuk meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran PKn siswa kelas IV SD 3 Kandangmas Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tertarik dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Make a match, Pembelajaran PKn, Karakter Jujur dan Disiplin, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:13
Last Modified: 12 Feb 2018 02:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7981

Actions (login required)

View Item View Item