Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 6 Hadipolo Jekulo Kudus

IZZAH, NAILUL (2017) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 6 Hadipolo Jekulo Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (518kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (150kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatkan keterampilan mengajar guru dan peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SD 6 Hadipolo Jekulo Kudus. Hasil belajar siswa merupakan perubahan perilaku setelah mengalami kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Mind Mapping merupakan strategi ideal untuk melejitkan pemikiran siswa. Mind Mapping bisa digunakan untuk membentuk, menvisualisasi, mendesain, mencatat, memecahkan masalah, membuat keputusan, merevisi, dan mengklarifikasi topik utama, sehingga siswa bisa mengerjakan tugas-tugas yang banyak sekalipun. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran mind mapping materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SD 6 Hadipolo Jekulo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 6 Hadipolo dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan desain dari Kemmis dan MC Taggart. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran mnid mapping. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa materi perkembangan teknologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan pengelolaan pembelajaran guru dengan model pembelajaran Mind Mapping mengalami peningkatan pada siklus I 75,47% (Baik), menjadi 85,38% (Sangat baik) pada siklus II. Nilai hasil belajar kognitif siswa yang cukup signifikan antara siklus I (66,67%) dan siklus II (87,5%), didukung dengan peningkatan hasil belajar afektif siswa siklus I 67,39 (Baik), menjadi 86,38% (Sangat baik) siklus II. Dan juga hasil belajar psikomotorik siswa mengalami peningkatan antara siklus I 62,95% (Baik), menjadi 83,32% (Sangat baik) siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas IV SD 6 Hadipolo Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 6 Hadipolo. Saran dalam penelitian hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS dan model pembelajaran Mind Mapping dapat dijadikan alternative untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1: Drs.Sucipto.,M.Pd.kons.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar IPS materi perkembangan teknologi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:17
Last Modified: 12 Feb 2018 02:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7982

Actions (login required)

View Item View Item