Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Metode Outdoor Study Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Mejobo Kudus

MULIA, DINDA (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Metode Outdoor Study Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Mejobo Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (537kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran outdoor study dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru pada materi menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD 1 Mejobo Kudus. (2) mendeskripsikan penerapan metode outdoor study dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD 1 Mejobo Kudus. (3) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran outdoor study dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD 1 Mejobo Kudus. Keterampilan menulis karangan narasi adalah kemampuan seseorang dalam mengisahkan suatu kejadian/peristiwa ke dalam tulisan melalui kalimat yang dirangkai secara utuh dan jelas sehingga pembaca seolah-olah bisa melihat/mengalami sendiri peristiwa itu. Metode outdoor study merupakan upaya mengajak lebih dekat dengan sumber belajar yang sesungguhnya, yaitu alam dan masyarakat. Sehingga, pendidikan di luar kelas lebih mengacu pada pengalaman dan pendidikan lingkungan yang sangat berpengaruh pada kecerdasan para siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 1Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 36 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini metode pembelajaran outdoor study dan variabel terikat penelitian ini keterampilan menulis karangan narasi. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai keterampilan menulis karangan narasi siswa antara siklus I (69,4%) dan siklus II (83,3%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I 70,69% (tinggi) menjadi 78,12% (tinggi) di siklus II. Pengelolaan metode pembelajaranoutdoor studyjuga mengalami peningkatan pada siklus I 79,92% (tinggi) menjadi 90,9% (sangat tinggi). Hal itu membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran outdoor study dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi kelas IV SD 1 Mejobo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Mejobo Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran outdoor study dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi kelas IV SD 1 Mejobo Kudus. Saran dalam penelitian hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia dan metode pembelajaran outdoor studydapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1:Drs.MOH KANZUNNUDIN,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, Outdoor Study.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:56
Last Modified: 12 Feb 2018 02:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7992

Actions (login required)

View Item View Item