PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X-10 SMA 1 MEJOBO KUDUS

LESTARI, HARI (2017) PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X-10 SMA 1 MEJOBO KUDUS. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (521kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN__.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Interaksi sosial adalah merupakan suatu hubungan timbal balik yang harus dilakukan manusia sebagai makhluk sosial, ha ini dapat dijelaskan bahwa didalam hubungan tersebut manusia menyadari bahwa sebagai makhluk sosial individu tidak bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data peneliti dapat menyimpulkan bahwa layanan bimbingan kelopok dengan teknik role playing dapat meningkatkan interaksi sosial. Dengan begitu hipotesis yang menyatakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat meningkatkan interaksi sosial siswa. Tujuan dari peneliti ini adalah: 1. Mendiskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan interaksi sosial siswa, 2. Memperoleh hasil peningkatan interaksi sosial siswa dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas X SMA 1 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X-10, sebanyak 8 siswa yang mempunyai kemampuan interaksi sosial rendah. Penelitian dilakukan 2 kali siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu kali pertemuan membahas satu materi dengan waktu 45 menit. Berdasarkan hasil penelitian pra siklus yang dilakukan dengan 8 orang terdapat 7 aspek. Hasil penelitian pra siklus Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role playing pada Siswa Kelas X-10 SMA 1 Mejobo Kudus menunjukan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 9. Siklus I meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing pada Siswa Kelas X-10 SMA 1 Mejobo Kudus mengalami peningkatan dalam kategori kurang dengan rata-rata skor 13 yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 4 dari pra siklus. Siklus II Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing pada Siswa Kelas X-10 SMA 1 Mejobo Kudus dalam kategori baik dengan rata-rata skor 21 yang berarti ada peningkatan rata-rata skor 8. Peningkatan aktivitas siswa dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 43 dalam kategori kurang dan pada siklus II skor rata-rata 73 dalam kategori baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan Interaksi Sosial Siswa mulai dari pra siklus skor rata-rata 9 dalam kategori sangat kurang, siklus I skor rata-rata 13 dalam kategori kurang dan pada siklus II skor rata-rata 21 dalam kategori baik. Hasil penelitian aktifitas siswa pada siklus I skor rata-rata 43 dalam kategori kurang dan pada siklus II skor rata-rata 73 dalam kategori baik. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing evektif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. Disarankan kepada: 1. Kepala sekolah, agar untuk memberikan dukungan melalui kebijakan kepada guru BK dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling. 2. Kepada Guru BK, pemberian layanan disesuaikan dengan permasalahan siswa dengan menggunakan layanan dan teknik yang sesuai pada saat memberikan layanan bimbingan kelompok. 3. Kepada siswa, siswa disarankan untuk bersikap terbuka terhadap teman di kelas dan guru Bk disekolah berkaitan dengan permaslahan yang merak hadapi disekolah.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Indah Lestari, S.Pd., M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: interaksi sosial, Bimbingan Kelompok dengana Teknik Role Playing.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:01
Last Modified: 12 Feb 2018 03:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7993

Actions (login required)

View Item View Item