PENERAPAN MODEL PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA MOCK-UP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD 3 KANDANGMAS

SIRAJUDDIN, MUHAMMAD ERVIN (2017) PENERAPAN MODEL PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA MOCK-UP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD 3 KANDANGMAS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
1._HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
2.__BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
3._BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
4._BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
5._BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
6._BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
7._BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
9._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SD 3 Kandangmas tahun pelajaran 2016/2017 dengan penerapan model pembelajaran POE berbantuan media pembelajaran mock-up pada materi perubahan lingkungan fisik dan mendeskripsikan keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran POE berbantuan media pembelajaran mock-up pada materi perubahan lingkungan fisik kelas IV SD 3 Kandangmas tahun pelajaran 2016/2017 Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri peserta didik, baik yang menyangkut aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Keterampilan guru adalah keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru atau pengajar yang terkait dengan seberapa jauh kemampuan guru dalam menerapkan berbagai metode mengajar. Model pembelajaran POE merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Model pembelajaran POE memberikan keleluasaan kepada peserta didik dalam menggali pengetahuan yang sedang dipelajari, dimana peserta didik dapat menentukan konsep pembelajarannya sendiri dan dengan bahasa mereka sendiri. Media pembelajaran mock-upadalah tiruan dari benda sebenarnya dimana sengaja dipilih bagian-bagian yang penting dan diperlukan untuk dibuat sederhana supaya mudah dipelajari. Materi IPA yang dikaji adalah pada materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar melalui penerapan model POE berbantuan media mock-up pada materi perubahan lingkungan fisik kelas IV SD 3 Kandangmas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Kandangmas dengan subjek penelitian 30 peserta didik. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama dua siklus yang menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart dengan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran POE berbantuan media mock-up, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas IV SD 3 Kandangmas. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotorik, dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran POE. Hasil belajar IPA mengalami peningkatan yang terdiri dari ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Hasil belajar IPA ranah kognitif pada prasiklus nilai persentase ketuntasan peserta didik sebesar 36,67% dengan kriteria cukup. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh persentase klasikal 73,33% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II mencapai 90,00% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar IPA ranah afektif pada siklus I memperoleh persentase klasikal 64,16 denga kriteria baik dan meningkat pada siklus II mencapai 86,16% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar IPA ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh persentase klasikal sebesar 61,78 dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 81,13% dengan kriteria baik. Keterampilan guru dalam mengelola kelas juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase keterampilan guru sebesar 73,90% dengan kriteria baik dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai pesertase 90,72% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran POE berbantuan media mock-up dikatakan berhasil dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotorik, dan keterampilan mengajar guru terutama pada materi perubahan lingkungan fisik kelas IV SD 3 Kandangmas Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Kesimpulan penelitian dapat dijelaskan bahwa penerapan model POE berbantuan media mock-up dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik kelas IV Sd 3 Kandangmas Kudus. Saran yang diberikan peserta didik perlu aktif dalam pembelajaran, guru harus mampu dan mau untuk menerapkan model POE pada pembelajaran IPA atau menerapkan model pembelajaran lain yang lebih kreatif dan afektif, sekolah dapat meningkatkan mutu dan kualitas sarana dan prasarana pembelajaran untuk membentuk peserta didik yang unggul.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Sti Masfuah,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model POE, Media Mock-up
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:08
Last Modified: 12 Feb 2018 03:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7994

Actions (login required)

View Item View Item