Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Audiovisual Kelas Iv Sd 2 Bakalan Krapyak Kudus

KHOIRUNNIDA, KHOIRUNNIDA (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Audiovisual Kelas Iv Sd 2 Bakalan Krapyak Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (cover)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (502kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (221kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Audiovisual, dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Audiovisual materi mengenal perkembangan teknologi kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. Hasil belajara IPS adalah perubahan secara keseluruhan pada diri seseorang setelah mengikuti proses pembelajaran IPS yang meliputi 3 ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Numbered Head Together berbantuan Audiovisual merupakan pembelajaran dengan sistem kerja sama untuk memudahkan otak dalam menyerap informasi yang diterima serta memungkinkan siswa dapat belajar lebih santai tetapi tidak meninggalkan tanggung jawab dan kerjasama. Dalam pembelajaran. Materi mengenal perkembangan teknologi. Hipotesis tindakan dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan keterampilan guru dan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 2 Bakalan Krapyak Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model Numbered Head Together. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Tes uji validitasnya menggunakan validitas produk moment sedangkan reliabilitasnya menggunakan split- half- method. Sedangkan pada teknik analisis data yang digunakan meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat Pengelolaan pembelajaran Numbered Head Together terhadap keterampilan guru dalam mengajar juga mengalami peningkatan siklus I 63 (baik) menjadi 74,50 (sangat baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model Numbered Head Together berbantuan Audiovisual dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada materi mengenal perkembangan teknologi kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. Dan peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS siswa pada materi mengenal perkembangan teknologi yang signifikan antara siklus I (74%), dan siklus II (95,20%), didukung dengan peningkatan hasil belajar sikap siswa siklus I 53,65% (cukup) menjadi 68% (tinggi) siklus II, serta hasil belajar keterampilan siswa siklus I 40,25% (sedang) meningkat pada siklus II 68,50% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kudus dapat disimpulkan yaitu penerapan model pembelajaran Numbered Haed Together berbantuan audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru mengajar pada pembelajaran IPS materi mengenal perkembangan teknologi kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together, guru harus lebih kretif dan memberikan penjelasan yang mengarah pada materi agar siswa dapat mengembangkan daya berfikir.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Numbered Head Together, Audiovisual, Mengenal Perkembangan Teknologi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:21
Last Modified: 12 Feb 2018 03:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7998

Actions (login required)

View Item View Item