Penerapan Model Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran Ips Materi Perkembangan Teknologi Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Maitan 03 Pati

RAHMAWATI , MILA SEPTIANI DWI (2017) Penerapan Model Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran Ips Materi Perkembangan Teknologi Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Maitan 03 Pati. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (770kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Numbered Heads Together dan menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Maitan 03 Pati melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together. Hasil belajar IPS adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya aspek perubahan itu mengacu kepada taksonomi tujuan pengajaran mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Numbered Heads Together adalah suatu pendekatan yang dikembangkan untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan memastikan pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut sebagai gantinya mengajukan pertanyaan kepada seluruh siswa. Model Numbered Heads Together memudahkan siswa dalam mempelajari IPS materi perkembangan teknologi. Penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan McTaggart yang akan dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Maitan 03 Pati dengan subyek penelitian guru dan 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah model pembelajaran Numbered Heads Together sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Maitan 03 Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan tehnik tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran Numbered Heads Together mengalami peningkatan pada siklus I 76,08% (baik) dan siklus II meningkat menjadi 83,14% (baik). Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS siswa pada materi perkembangan teknologi yakni pada siklus I memperoleh ketuntasan 56,25% (cukup) dan siklus II meningkat menjadi 81,25% (baik). Didukung oleh hasil belajar siswa ranah afektif siklus I 69,37% (baik) dan siklus II meningkat menjadi 77,34% (baik). Hasil belajar siswa ranah psikomotorik siklus I 68,35% (baik) dan siklus II meningkat menjadi 78,13%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa IV SD Negeri Maitan 03 Pati dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar x guru meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Numbered Heads Together serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Maitan 03 Pati materi perkembangan teknologi. Saran yang diberikan adalah siswa yang tidak tuntas sebaiknya belajar lebih giat lagi.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Numbered Heads Together, Hasil Belajar IPS, Materi Perkembangan Teknologi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:28
Last Modified: 12 Feb 2018 03:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8000

Actions (login required)

View Item View Item