Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Pada Pelajaran Ipa Melalui Model Inkuiri Terbimbing Kelas Iv Sdn 01 Banjarsari Pati

NOVITASARI, CHANDRA ASIH (2017) Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Pada Pelajaran Ipa Melalui Model Inkuiri Terbimbing Kelas Iv Sdn 01 Banjarsari Pati. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (557kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa dan keterampilan guru dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbingpada mata pelajaran IPA materi perubahan fisik lingkungan daratan kelas IV SD 01 Banjarsari Pati. Sikap ilmiah merupakan kumpulan dari komponen-komponen kognitif, konatif (perilaku), afektif yang saling berinteraksi dalam memahami, merasakan dan berperilaku terhadap suatu objek. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing adalah model pembelajaran dimana siswa dituntut untuk melakukan penyelidikan sampai akhirnya memperoleh kesimpulan dari hasil penyelidikan di bawah bimbingan guru. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa dan keterampilan guru kelas IV SDN 01 Banjarsari Pati. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 01 Banjarsari dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model inkuiri terbimbing. Sedangkan variabel terikat adalah sikap ilmiah siswa. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa dan keterampilan guru. Sikap ilmiah siswa meningkat cukup signifikan antara hasil prasiklus 43,5% (kurang), siklus I 69% (baik), dan siklus II 83% (baik). Keterampilan guru juga meningkat cukup signifikan antara prasiklus 52.08%(sedang), siklus I 70% (baik), dan siklus II 81.95% (baik). Simpulan dalam penelitian ini yaitu penggunaan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa pada pelajaran IPA dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada kelas IV SD 1 Banajarsari Pati. Saran penelitian ini adalah, dalam menerapkan model inkuiri terbimbing, guru harus memperhatikan karakteristik siswa dan perkembangan siswa agar tidak bosan, siswa yang belum tuntas hendaknya mau belajar lebih giat lagi, dan bagi sekolah perlu menindaklanjuti dan memakai model inkuri terbimbing pada mata pelajaran yang lain dengan memperhatikan karakteristik siswa, materi, dan juga proses pembelajaran

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1:Yuni Ratnasari,S.Si.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:05
Last Modified: 12 Feb 2018 04:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8007

Actions (login required)

View Item View Item