Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Metode Field Trip Berbantuan Media Roda Putar Kelas Iv Sd 1 Pasuruhan Lor Kudus

AINURROHMAH, NEFA (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Metode Field Trip Berbantuan Media Roda Putar Kelas Iv Sd 1 Pasuruhan Lor Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (376kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode field trip berbantuan media roda putar dan menenukan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD 1 Pasuruhan Lor Kudus. Keterampiran menulis merupakan salah satu aspek berbahasa yang penting. Menulis merupakan suatu kegiatan menyampaikan informasi melalui media tulis. keterampilan menulis tidak datang dengan sendirinya, melainkan dengan latihan rutin dan praktik menulis akan mempermudah siswa dalam menulis dengan baik dan benar. Keterampilan menuis dapat ditingkatkan menggunakan metode pembelajaran salah satunya adalah metode field trip. Metode field trip adalah pembelajaran yang dilakukan diluar kelas dengan mengunjungi tempat tertentu untuk menyelidiki sesuatu dan mendapatkan pengalaman langsung. Media roda putar merupakan media pembelajaran yang berbentuk bundar dan berisi tentang beberapa tema yang akan dibuat menjadi karangan deskripsi dengan cara siswa memutar media tersebut dan menunggu sampai putaran itu selesai setelah itu lihat dimana anak panah yang ada di media roda putar menunjuk ke salah satu objek/tulisan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah metode field trip berbantuan media roda putar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD 1 Pasuruhan Lor Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Pasuruhan Lor Kudus dengan subjek penelitian 26 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan deskripsi. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode field trip berbantuan media roda putar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi karangan deskripsi siklus I diperoleh hasil 17 siswa tuntas dan 9 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 65,84%, meningkat pada siklu II diperoleh hasil 22 siswa tuntas dan 4 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 84,62%; (2) keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh pencapaian rata-rata 83,33 % dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II memperoleh pencapaian rata-rata 85,57% dengan kriteria “sangat baik”; (3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi pada siklus I diperoleh rata-rata pencapaian 73,31% dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata pencapaian 83,09% dengan kategori “baik”. Berdasakan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan metode field trip berbantuan media roda putar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD 1 Pasuruhan Lor Kudus. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan metode field trip berbantuan media roda putardapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa kelas IV SD 1 Pasuruhan Lor Kudus. dan saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan metode field trip berbantuan media roda putardalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV. Bagi siswa, hendaknya siswa berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian baru yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Dr. Murtono
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, Metode Field Trip, Media Roda Putar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:09
Last Modified: 12 Feb 2018 04:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8008

Actions (login required)

View Item View Item