PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA PICTURE CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SD 4 LORAM KULON JATI KUDUS

MA’UN, FATIR (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA PICTURE CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SD 4 LORAM KULON JATI KUDUS. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (229kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu media Picture Card dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD 4 Loram Kulon Kudus. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah mempelajari materi di sekolah yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model pembelajaran Numbered Head Together merupakan suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya,Numbered Head Together sangat berperan dalam meningkatkan kerjasama siswa dalam proses pembelajaran. Media Picture Card merupakan media visual yang berupa gambar yang dihasilkan melalui proses fotografi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 4 Loram Kulon Kudus dengan subjek penelitian guru dan 21 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada penelitian ini yang menjadi varibel bebas adalah model pembelajaran Numbered Head Together. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas V SD 4 Loram Kulon Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan, pada keterampilan guru pengelolaan pembelajaran model Numbered Head Together mengalami siklus I 69,58% (baik) menjadi 88,33% (sangat baik) siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I 69,44% (baik) dan siklus II 85,12% (baik) siklus II.Ketuntasan belajar IPS siswa pada materi proklamasi kemerdekaan yang cukup signifikan antara siklus I (71,43%) dan siklus II (90,48%), didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar ranah afektif siswa pada siklus I 65,95% (baik) menjadi 84,52% (sangat baik) siklus II, ketuntasan belajar ranah psikomotorik siswa pada siklus I 66,94% (baik) menjadi 80,65% (baik) siklus II. Penggunaan model pembelajaran Numbered Head Togetherberbantuan media Picture Card dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan kelas V SD 4 Loram Kulon Kudus. Disarankan guru menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu media Picture Card, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih baik dan menarik

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1: Dr.Murtono,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Numbered Head Together, Picture Card, Hasil Belajar, dan IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:13
Last Modified: 12 Feb 2018 04:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8009

Actions (login required)

View Item View Item