Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas Iv Di Sd 5 Pasuruhan Lor Melalui Model Project Based Learning Dengan Percobaan Sederhana Pada Materi Energi

TRISTIANA , FENTI ALIA (2017) Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas Iv Di Sd 5 Pasuruhan Lor Melalui Model Project Based Learning Dengan Percobaan Sederhana Pada Materi Energi. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (hal judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (465kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (281kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini sesuai dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dan menemukan peningkatan kreativitas siswa kelas IV di SD 5 Pasuruhan Lor melalui model Project Based Learning dengan percobaan sederhana. Kreativitas merupakan cara siswa untuk memahami suatu kompetensi yang dipelajari yang menyangkut berpikir kreatif, sikap kreatif, dan membuat suatu karya. Pada mata pelajaran IPA pada materi energi. Peningkatan kreativitas siswa dapat dilakukan melalui penerapan model Project Based Learning. Model Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dengan membuat suatu proyek. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 5 Pasuruhan Lor dengan subjek penelitian 23 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Project Based Learning, sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru menerapkan model Project Based Learning mengalami peningkatan pada siklus I presentase sebesar 75% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 85% dengan kriteria sangat baik. Kreativitas siswa pada aspek berpikir kreatif siklus I sebesar 56,5% dengan kriteria cukup baik meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 80,5% dengan kriteria kreatif. Sikap kreatif siklus I sebesar 56,5% dengan kriteria cukup baik meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 82% dengan kriteria sangat kreatif, sedangkan kreativitas dalam membuat karya siklus I sebesar 75% dengan kriteria kreatif meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 86,6% dengan kriteria sangat kreatif. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan kreativitas belajar IPA pada materi energi siswa kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan kreativitas belajar IPA pada materi energi siswa kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor. Adapun saran yang ix dapat diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model Project Based Learning sebagai solusi untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Yuni Ratnasari,S.Si.,M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci : Kreativitas, Project Based Learning, Percobaan Sederhana, Energi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:20
Last Modified: 12 Feb 2018 04:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8011

Actions (login required)

View Item View Item