PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY PADA MATERI ENERGI KELAS IV MI NU ISLAMIYAH

ROCHMANA, NURUL IDA (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY PADA MATERI ENERGI KELAS IV MI NU ISLAMIYAH. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (908kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa melalui pendekatan SETS pada mata pelajaran IPA materi energi kelas IV MI NU Islamiyah. Peningkatan kreativitas siswa diukur dalam 3 aspek yaitu aspek kognitif diukur dengan tes tertulis dan lembar observasi kemampuan berpikir kreatif, aspek afektif diukur dengan menggunakan lembar observasi sikap kreatif, dan aspek psikomotorik dinilai dari lembar penilaian proyek. Kreativitas siswa diartikan sebagai kemampuan siswa dalam menciptakan suatu karya, ide, atau gagasan yang baru berdasarkan pada materi yang sedang dipelajari. SETS merupakan salah satu pendekatan yang berbasis masalah yang dapat memberikan pemahaman terhadap siswa terkait dengan sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah kreativitas siswa meningkat dalam penerapan pendekatan SETS pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI NU Islamiyah. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di MI NU Islamiyah dengan subjek penelitian 17 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah pendekatan SETS. Sedangkan variabel terikat adalah kreativitas siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada siklus I dan siklus II. Kreativitas siswa pada siklus I memperoleh presentase sebesar 71,94% yang meliputi presentase aspek berpikir kreatif siswa sebesar 68,89% (sedang), aspek sikap kreatif sebesar 73,60% (tinggi), aspek keterampilan siswa daam pembuatan proyek sebesar 67,79% (sedang), tes evaluasi berpikir kreatif sebesar 77,47% (tinggi). Peningkatan terjadi pada siklus II yang menunjukkan bahwa presentase kreativitas siswa sebesar 81,43% yang meliputi aspek berpikir kreatif sebesar 80,66% (tinggi), aspek sikap kreatif sebesar 81,54% (tinggi), aspek keterampilan siswa dalam pembuatan proyek sebesar 81,47% (tinggi), tes evaluasi berpikir kreatif sebesar 82,05% (tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas IV MI NU Islamiyah dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV MI NU Islmiyah. Peneliti berharap agar pendekatan SETS dapat digunakan dan dikembangkan guna meningkatkan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1:Khamdun,S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: SETS (Science Environment Technology Society), Kreativitas Siswa, Energi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 05:44
Last Modified: 12 Feb 2018 05:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8016

Actions (login required)

View Item View Item