PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn SISWA KELAS IV SDN TAMBAHAGUNG 02 PATI

MUTHOHAROH, ANNISA (2017) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn SISWA KELAS IV SDN TAMBAHAGUNG 02 PATI. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (775kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Numbered Head Together dan menemukan peningkatan keterampilan guru, aktivitas dan peningkatan hasil belajar PKn pada kelas IV SDN Tambahagung 02 pati. Hasil belajar merupakan suatu kemampuan yang dihasilkan oleh siswa setelah proses pembelajaran berlangsung. Numbered Head Together merupakan suatu model pembelajaran inovatif yang dilakukan dengan berkelompok yang setiap anggota kelompok diberikan nomor.Hipotesis tindakan penelitian ini yakni peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan penerapan model Numbered Head Together untuk peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Tambahagung 02 pati tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Tambahagung 02 pati dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 13 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yakni model pembelajaran Numbered Head Together. Sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar. Instrumen penelitian ini yakni tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi, keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa; (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata 74% kriteria baik, dan meningkat pada siklus II memperoleh 85,5%; (2) Aktivitas belajar siswa meningkat cukup signifikan, pada ranah afektif siklus I (66%) kategori baik, dan siklus II menjadi 81% dalam kategori baik. Ranah psikomotorik pada siklus I 67% kategori baik, siklus II menjadi 81% kategori baik.(3) presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn siklus I diperoleh ketuntasan klasikal69% termasuk pada kategori tinggi, dan siklus II meningkat menjadi 85% kategori sangat tinggi. Simpulan dalam penelitian ini yakni penggunaan modelNumbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar PKn padakelas IV SDN Tambahagung 02 pati. Untuk itu disarankan dalam menerapkan modelNumbered Head Togetherguru harus memperhatikan karakteristik siswa dan bagi sekolah perlu menindak lanjuti dan memakai model Numbered Head Together pada mata pelajaran yang lain dengan memperhatikan karakteristik siswa,materi, dan juga proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1:Dr.Murtono,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar PKn, Model Numbered Head Together.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 05:57
Last Modified: 12 Feb 2018 05:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8019

Actions (login required)

View Item View Item