PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTU MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS V SDN 3 MEJOBO

NI’MAH, FARIHATIN (2017) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTU MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS V SDN 3 MEJOBO. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (677kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (296kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (39MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan peningkatan pemahaman konsep belajar IPS siwa kelas V SDN 3 Mejobo setelah diterapkannya model Mind Mapping berbantu media visual, mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar IPS melalui Mind Mapping berbantu media visual, dan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPS siswa kelas V SDN 3 Mejobo setelah diterapkannya Model Mind Mapping berbantu media visual. Pemahaman konsep merupakan hasil dari suatu pembelajaran dimana seseorang memiliki kemampuan untuk mengerti benar atau menguasai suatu pengetahuan atau situasi untuk menangkap maknanya sehingga dapat menginternalisasikan bahan-bahan yang dipelajari ke dalam suatu konsep secara menyeluruh. Mind Mapping adalah pembelajaran yang memudahkan untuk mengorganisasikan materi dalam suatu catatan yang menyeluruh. Media visual yang digunakan yaitu pohon sejarah merupakan media modifikasi pohon bagan; komik proklamasi menceritakan peristiwa proklamasi Indonesia; Puzzle pahlawan berupa potongan gambar pahlawan; Kartu 17-an merupakan gambar sikap menghargai dan bukan menghargai jasa pahlawan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan pemahaman konsep, keterampilan mengajar dan aktivitas belajar siswa dengan penerapan Mind Mapping berbantu media visual dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 3 Mejobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN 3 Mejobo dengan subyek penelitian guru dan 21 siswa. penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Desain penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Mind Mapping berbantu media visual. variabel terikatnya adalah pemahaman konsep. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitaf dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pemahaman konsep IPS siswa yang cukup signifikan. Persentase rata-rata pemahaman konsep IPS yang dimiliki siswa pada siklus I 73% (baik). Hasil tersebut mengalami peningkatan di siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 81%(sangat baik). Sementara persentase nilai ≥70 pada siklus I sebesar 71% dan siklus II menjadi 86%. Hasil pemahaman konsep siswa dapat menjelaskan dengan bahasanya sendiri, susunan kalimatnya sendiri sesuatu yang dibaca, didengar, dan mengembangkan apa yang dipelajari. Didukung dengan peningkatan keterampilan mengajar guru sebesar 15%. pada siklus I memperoleh persentase 70% (baik), dan pada siklus II menjadi 85% (sangat baik). aktivitas siswa juga mengalami peningkatan sebesar 13%. pada siklus I memperoleh 64% (baik), dan siklus II menjadi 77% (baik). hal itu membuktikan bahwa penerapan model mind mapping berbantu media visual dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS, ketrampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan melalui penerapan model mind mapping berbantu media visual dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS, keterampilan mengajar dan aktivitas belajar siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa menggunakan pengalaman mencatat dengan mind mapping agar mudah memahami materi.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Ika Oktavianti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Mind Mapping, Visual, Pemahaman Konsep, IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:00
Last Modified: 12 Feb 2018 06:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8020

Actions (login required)

View Item View Item