Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Strategi Go To Your Post Berbantuan Media Gambar Kertas Krep Pada Siswa Kelas Iv Sd 6 Hadipolo Kudus

FAIJAH, SITI NOR (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Strategi Go To Your Post Berbantuan Media Gambar Kertas Krep Pada Siswa Kelas Iv Sd 6 Hadipolo Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HAL._JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan strategi go to your post berbantuan media gambar kertaskrep dan menemukan peningkatan keterampilan menulis narasi siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD 6 Hadipolo. Keterampilan menulis narasi merupakan suatu keterampilan menuangkan ide/gagasan yang ada dalam pikiran ke dalam bentuk bahasa tulis berdasarkan pengalaman atau peristiwa yang terjadi. Strategi go to your postmerupakan suatu tindakan yang digunakan untuk merangsang minat siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Media gambar kertaskrepmerupakan media gambar yang berukuran 29,7 x 42 cm dengan didasari kertas krep. Hipotesis tindakan penelitian ini yaitu: (1) penerapan strategi go to your post berbantuan media gambar kertas krep dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru pada materi menulis narasi siswa kelas IV SD 6 Hadipolo, (2) penerapan strategi go to your post berbantuan media gambar kertas krep dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi menulis narasi siswa kelas IV SD 6 Hadipolo, (3) penerapan strategi go to your post berbantuan media gambar kertas krep dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD 6 Hadipolo. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD 6 Hadipolo sebanyak 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian inistrategi go to your post. Variabel terikatnya keterampilan menulis narasi. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi go to your post berbantuan media gambar kertas krep dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi, keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni: (1) persentase ketuntasan keterampilan menulis narasi siswa siklus I sebesar 62,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33%;(2) keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata 80,83% dan meningkat pada siklus II menjadi 90,83%; (3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran materi menulis narasi pada siklus I diperoleh rata-rata 73,07% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,11%. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan strategi go to your post berbantuan media gambar kertaskrep dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa kelas IV di SD 6 Hadipolo. Saran dalam penelitian iniguru harus lebih mampu menguasai kelas saat proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1:Dr.Murtono,M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: Keterampilan Menulis Narasi, Strategi Go To Your Post, Media Gambar Kertas Krep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:35
Last Modified: 12 Feb 2018 06:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8028

Actions (login required)

View Item View Item