PENERAPAN MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA GAMBAR ILUSTRASI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn KELAS IV SDN 3 JEPANG MEJOBO KUDUS

ERNAWATI , DWI (2017) PENERAPAN MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA GAMBAR ILUSTRASI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn KELAS IV SDN 3 JEPANG MEJOBO KUDUS. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (hal judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (382kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran talking stick berbantu media gambar ilustrasi dan menemukan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, serta peningkatan hasil belajar PKn pada materi Pengaruh Globalisasi Terhadap Lingkungan pada Kelas IV SDN 3 Jepang Mejobo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 3 Jepang Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran talking stick berbantu media gambar ilustrasi sedangkan variable terikat adalah hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model talking stick berbantu media gambar ilustrasi dapat meningkatkan keterampilan guru pada siklus I ke siklus II dari persentase 73,38% menjadi 81,04%. Aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I ke siklus II dari 71,25% menjadi 80,25%., dan aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I ke siklus II dari 70,25% menjadi 79,25%. Hasil belajar siswa meningkat pada siklus I ke siklus II dari 65% menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model talking stick berbantu media gambar ilustrasi dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada materi globalisasi kelas IV SDN 3 Jepang Mejobo Kudus. Saran dalam penelitian ini guru dapat menggunakan model talking stick berbantu media gambar ilustrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memperhatikan materi pelajaran dan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1: Drs.Moh KAnzunnudin,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tlking Stick Berbantu Media Gambar Ilustrasi, Hasil Belajar PKn, Materi Globalisasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:56
Last Modified: 13 Feb 2018 03:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8030

Actions (login required)

View Item View Item