Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Di Kelas Iv Sdn 2 Gidangelo Welahan Jepara

FATMAWATI , NOOR KUSUMA (2017) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Di Kelas Iv Sdn 2 Gidangelo Welahan Jepara. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (hal.judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (469kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (261kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model pembelajaran make a match berbantu media puzzle. Model pembelajaran make a match adalah suatu model yang dapat memupuk kerja sama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang ada di tangan siswa. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang dari berbagai ranah kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai akibat dari pengalaman belajar. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus di kelas IV SDN 2 Gidangelo Welahan Jepara dengan subjek 15 siswa, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran make a match sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I hasil belajar ranah kognitif rata-rata ketuntasan klasikal 47% (sedang) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 60 dan meningkat pada siklus II sebesar 80% (sangat tinggi) dengan nilai rata-rata sebesar 67. Hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 68% dan meningkat pada siklus II sebesar 83,4%. Hasil belajar ranah psikomotorik siswa pada siklus I sebesar 62,8% meningkat pada siklus II sebesar 92,4%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 58,19% dan meningkat pada siklus II sebesar 91,56%. Keterampilan guru siklus I sebesar 72% (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 98% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match berbantu media puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran serta menemukan peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa materi globalisasi di kelas IV SDN 2 Gidangelo Welahan Jepara. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model make a match sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1:Dr.Murtono,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar, Make A Match, Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 13 Feb 2018 05:52
Last Modified: 13 Feb 2018 05:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8042

Actions (login required)

View Item View Item