PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS KARAKTER DISIPLIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn BAGI SISWA KELAS IV SD 1 MEJOBO KUDUS

NOORANDI , VIAN NOVIANTI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS KARAKTER DISIPLIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn BAGI SISWA KELAS IV SD 1 MEJOBO KUDUS. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (hal judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (595kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, karakter disiplin siswa dan hasil belajar PKn materi sistem pemerintahan pusat dengan menerapkan model Mind Mapping kelas IV SD 1 Mejobo. Model Mind Mapping adalah dimana siswa membuat semacam konsep-konsep, fakta-fakta dan gambar- gambar dalam memecahkan masalah atau tugas. Pemilihan model Mind Mapping ini dirasa tepat karena proses pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membuat pembelajaran lebih bermakna serta dengan penerapan karakter disiplin dalam pembelajaran diharapkan tertanam dalam diri siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD 1 Mejobo dengan subjek penelitian 36 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model Mind Mapping sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru pada siklus I ke siklus II memperoleh persentase 68,54% dengan kualifikasi baik, meningkat menjadi persentase 84,67% dengan kualifikasi baik. Karakter disiplin siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 70,89% dengan kualifikasi baik, meningkat menjadi persentase 84,25% dengan kualifikasi baik. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I rata-rata nilai tes klasikal yaitu 72,50 dengan persentase 75% kualifikasi baik, sedangkan pada siklus II rata-rata tes klasikal meningkat menjadi 73,19 dengan persentase 80,55% kualifikasi baik. Pada hasil belajar afektif juga meningkat dari siklus I ke siklus II dari persentase 71,08% dengan kualifikasi baik, meningkat menjadi persentase 82,53% dengan kualifikasi baik. Hasil belajar psikomotorik juga meningkat dari siklus I ke siklus II dari persentase 69,94% dengan kualifikasi baik, meningkat menjadi persentase 81,29% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Mejobo dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Mind Mapping berbasis karakter disiplin dapat meningkatkan keterampilan guru, karakter disiplin siswa dan hasil belajar PKn materi sistem pemerintahan pusat. Adapun saran yang diberikan kepada siswa yaitu siswa hendaknya dapat mengikuti pembelajaran lebih aktif dan memperhatikan penjelasan guru agar hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1:Santoso,S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar, PKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 13 Feb 2018 07:12
Last Modified: 13 Feb 2018 07:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8054

Actions (login required)

View Item View Item