PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN MODEL STAD DI KELAS IV SDN 01 PENDOSAWALAN JEPARA

ANGGRAENI , RISSA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN MODEL STAD DI KELAS IV SDN 01 PENDOSAWALAN JEPARA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (hal judul)
halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (175kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model STAD pada siswa kelas IV SDN 01 Pendosawalan Jepara. Model Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan model pembelajaran kooperatif yang didalamnya terdapat pembagian kelompok yang melakukan kegiatan secara bersama-sama atau kelompok terdiri atas 4-5 siswa dengan kemampuan akademik, gender, ras, dan etnis yang berbeda-beda saling bekerjasama untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Model STAD mendorong siswa untuk dapat berdiskusi dan bekerjasama dengan kelompoknya, sehingga dapat melatih siswa aktif dalam pembelajaran. Sintak dalam penerapan model STAD yakni (1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, (2) menyajikan/menyampaikan informasi, (3) mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kecil, (4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, (5) evaluasi, (6) memberikan penghargaan. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis & Mc Taggart dalam 2 siklus. Tahapan penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SDN 01 Pendosawalan Jepara dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari 11 perempuan dan 9 laki-laki. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn pada materi globalisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 83,03% menjadi 91,07%. Aktivitas siswa pada ranah afektif meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 74,45% menjadi 83,59, aktivitas siswa ranah psikomotorik juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 73,51% menjadi 82,96%. Hasil belajar ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 65% menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 01 Pendosawalan Jepara dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1:Drs.Moh.Kanzunnudin,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar PKn, Model STAD, Materi Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 13 Feb 2018 08:01
Last Modified: 13 Feb 2018 08:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8063

Actions (login required)

View Item View Item