FARIDA, NUR AENI CHUSNUL (2017) PENERAPAN MODEL TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATERI SEJARAH DAN TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD 2 PASURUHAN LOR KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
PDF (bab 1)
SKRIPSI_BAB_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (765kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
SKRIPSI_BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (996kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
SKRIPSI_BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
SKRIPSI_BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
SKRIPSI_BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
SKRIPSI_BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (406kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (44MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Team-Assisted Individualization berbantuan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS. Hasil belajar adalah perubahan perilaku siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Perubahan yang dimaksut perubahan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model Team-Assisted Individualization merupakan model kooperatif dimana siswa dibentuk kelompok heterogen dan belajar kelompok kemudian diberikan tes diawal dan akhir pembelajaran sehingga membuat siswa lebih berpikir kritis dan menjadikan kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan. Media gambar adalah alat yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran berupa gambar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah model Team-Assisted Individualization berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 2 Pasuruhan Lor Kudus. PTK dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat 2 pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subyek guru dan siswa kelas V berjumlah 28 siswa. Variabel bebas penerapan modelTeam-Assisted Individualizationberbantuan media gambar. Veriabel terikat hasil belajar IPS siswa materi sejarah dan tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia. Teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Team-Assisted Individualization berbantuan media gambar meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) hasil belajar kognitif siswa siklus 1 ke siklus II meningkat dari persentase 85,7% menjadi 89,3% kriteria “sangat baik”, hasil belajar afektif siswa siklus 1 ke siklus II meningkat dari persentase 56% menjadi 75%, hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus 1 ke siklus II meningkat dari persentase 54,6% menjadi 78,2% (2) keterampilan mengajar guru siklus 1 ke siklus II meningkat dari persentase 78,4% menjadi 89,2% kualifikasi “sangat baik”. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Team-Assisted Individualization berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dan keterampilan mengajar guru SD 2 Pasuruhan Lor Kudus. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Team-Assisted Individualization berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dan keterampilan mengajar guru SD 2 Pasuruhan Lor Kudus. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya menerapkan model Team-Assisted Individualization berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPS kelas V. Bagi siswa yang kurang aktif hendaknya sering menjawab pertanyaan atau bertanya tentang hal yang belum dipahami. Bagi Peneliti lain penelitian ini diharapkan mampu memicu untuk melakukan penelitian baru yang lebih inovatif dan kreatif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1:Imaniar Purbasari,s.Pd,M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Model Team-Assisted Individualization (TAI), Media gambar, Hasil belajar IPS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 02:07 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 02:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8072 |
Actions (login required)
View Item |