Peningkatan Keterampilan Membaca Memindai Melalui Metode Sq3r Berbantuan Media Kliping Pada Siswa Kelas V Sd 1 Jepang Kudus

MAULANA, NOVAN (2017) Peningkatan Keterampilan Membaca Memindai Melalui Metode Sq3r Berbantuan Media Kliping Pada Siswa Kelas V Sd 1 Jepang Kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (751kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca memindai dengan menggunakan metode SQ3R berbantuan media kliping pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas V SD 1 Jepang Kudus. Membaca memindai merupakan salah satu kegiatan membaca yang dilakukan untuk menemukan informasi secara cepat dan tepat. Metode SQ3R merupakan metode sistematis yang terdiri dari tahap survey, question, read, recite, review). Hipotesis dalam penelitian ini adalah penggunaan metode SQ3R berbantuan media kliping dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dalam belajar, dan keterampilan membaca memindai dalam mata pelajaran bahasa Indonesia materi membaca memindai buku khusus siswa kelas V SD 1 Jepang Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Jepang Kudus dengan subjek penelitian 19 siswa.Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Variabel bebas adalah metode SQ3R berbantuan media kliping.Sedangkan variabel terikat adalah keterampilan membaca memindai.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai keterampilan guru dalam mengajar metode SQ3R berbantuan media kliping pada siklus I 81,67% (baik) menjadi 88,34% (sangat baik) siklus II), didukung dengan peningkatan aktivitas siswa dalam belajar pada siklus I 73,09% (baik) menjadi 82,17% (baik) siklus II. Keterampilan membaca memindai pada mata pelajaran bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan antara siklus I (68,42%) dan siklus II (89,47%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Jepang Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dalam belajar, dan keterampilan membaca memindai siswa kelas V SD 1 Jepang Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan metode SQ3R, guru harus dapat memfasilitasi siswa dalam membaca agar siswa mampu memahami isi dari bacaan dengan baik

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: Keterampilan Membaca Memindai, Metode SQ3R, Media Kliping.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:45
Last Modified: 14 Feb 2018 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8078

Actions (login required)

View Item View Item