Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Kelas Iv Sd N 4 Honggosoco Jekulo Kudus

ARDIANA, RANI (2017) Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Kelas Iv Sd N 4 Honggosoco Jekulo Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman sampul)
HALAMAN_SAMPUL.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, dan meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Example Non-Example. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang mencakup bidang kognitif, afektif dan psikomotorik yang diperoleh siswa setelah mengalami proses belajar mengajar. Example Non-Example adalah model pembelajaran kooperatif yang menggunakan gambar sebagai media atau alat peraga untuk mempermudah dalampenyampaian materi. Kajian materinya yaitu perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terbagi menjadi dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus yang berjumlah 24 siswa terdiri dari laki-laki 11 sisw dan perempuan 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil nilai prasiklus awal penelitian terhadap pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus diperoleh 41,70%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Example Non-Example. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Example Non-Exampe pada pembelajaran IPS, dapat (1) Meningkatkan keterampilan mengajar guru pada siklus I yang mendapatkan persentase sebesar 74,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 86%. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif, siklus I yang menunjukkan rata-rata nilai sebesar 70,20 dengan ketuntasan klasikal 62,50% dan pada siklus II hasil belajar siswa ranah kognitif yang menunjukkan peningkatan dengan rata-rata nilai sebesar 76,87 dengan ketuntasan klasikal 83,30%. Hasil belajar ranah afektif siswa yang pada siklus I memperoleh presentase sebesar 74,5%, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh presentase sebesar 78,5%. Serta hasil belajar ranah psikomotorik yang pada siklus I memperoleh presentase sebesar 72,50%, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh presentase sebesar 78,60%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non-Example dikatakan berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan terutama hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Jekulo Kudus.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar, Example Non-Example, Teknologi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:55
Last Modified: 14 Feb 2018 02:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8080

Actions (login required)

View Item View Item