Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi Menggunakan Model Visually, Auditory, Kinestetik Berbantuan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Megawon Jati Kudus

NI’MAH, SAFAATUN (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi Menggunakan Model Visually, Auditory, Kinestetik Berbantuan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Megawon Jati Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (220kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikanketerampilan guru dalam penerapan model visually, auditory, kinestetik (VAK) berbantuan media pop-updan mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran serta menemukan peningkatkan keterampilan menulis persuasi pada siswa kelas IV SD 1 Megawon Jati Kudus. Keterampilan menulis adalah kemampuan seseorang yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah tulisan dengan cara memunculkan ide-ide baru yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Karangan Persuasi merupakan hasil tulisan seseorang yang berisi tentang kalimat ajakan dalam bentuk paragraf secara jelas dan rinci. Model visually, auditory, kinestetik merupakan model pembelajaran yang menyatukan ketiga modalitas belajar dengan cara mengingat, mendengar serta bergerak. Media Pop-up merupakan media tiga dimensi yang berbentuk buku dapat di buka dan ditutup. Media tersebut menggambarkan sebuah materi yang mempunyai bentuk unik, praktis dan menarik sehingga mengundang minat siswa. Hipotesis tindakan dalam penilitian ini adalah model visually, auditory, kinesthetik berbantuan media pop-up dapat meningkatkan keterampilan menulis persuasi siswa kelas IV SD 1 Megawon Jati Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas IV SD 1 Megawon dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan persuasi. Instrument dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model visually, auditory, kinesthetik berbantuan media Pop-up dapat keterampilan mengajar guru, meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis persuasi. Hal ini dapat terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) Keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata “80%” dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II memperoleh pencapaian “89%” dengan kriteria “Sangat Baik”. (2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajarn Bahasa Indonesia materi menulis persuasi pada siklus I diperoleh rata-rata pencapaian 75% dengan kriteria “Baik” dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata pencapaian 86% dengan kategori “ Sangat Baik“. (3) persentase ketuntasan belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi persuasi siklus I diperoleh hasil 19 siswa tuntas dan 8 siswa belum tuntasdengan ketuntasan klasikal 71% meningkat pada siklus II diperoleh hasil 24 siswa tuntas dan 3 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 85%. berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model VAK berbantuan media pop-up dapat meningkatkan keterampilan menulis persuasi kelas IV SD 1 Megawon Kudus. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model VAK berbantuan media pop-up dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis persuasi siswa kelas IV SD 1 Megawon Jati Kudus. Saran dari peneliti guru dapat menerapkan model pembelajaran visually, auditory, kinesthetik berbantuan media pop-up pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan. Bagi siswa Siswa sebaiknya lebih giat lagi dalam belajar, sehingga pada saat kegiatan belajar mengajar guru tidak terlalu mengulang-ngulang materi. Bagi sekolahpenelitian tindakan kelas ini hendaknya dijadikan evaluasi sekolah serta bahan pertimbangan untuk berinovasi menciptakan sekolah yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Irfai Fathurrahman, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Menulis Persuasi, VAK, Pop-up.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:10
Last Modified: 14 Feb 2018 04:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8089

Actions (login required)

View Item View Item