PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN Pkn SISWA KELAS IVSDN 2 JEKULO KUDUS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS)

PRADITA , GEBBY (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN Pkn SISWA KELAS IVSDN 2 JEKULO KUDUS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS). ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui peran model pembelajaran TSTS dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran PKn kelas IV SDN 2 Jekulo Kudus, (2) menganalisis peran model pembelajaran TSTS dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SDN 2 Jekulo Kudus, dan (3) menjelaskan bahwa model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 2 Jekulo Kudus. Keterampilan mengajar dengan melibatkan aktivitas siswa secara langsung dapat membuat pembelajaran menjadi lebih berarti bagi siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemilihan model TSTS dirasa tepat karena mempunyai karakteristik dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SDN 2 Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa.Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model TSTS sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan pengelolaan kegiatan pembelajaran oleh guru dengan menerapkan model TSTS dengan rata-rata persentase 71,5% dengan kategori tinggi pada siklus I dan menjadi 83% dengan kategori sangat tinggi pada siklus II. Aktivitas belajar siswapun mengalami peningkatan pada aspek afektif dan aspek psikomotorik. Aktivitas belajar siswa pada aspek afektif memperoleh rata-rata persentase 60,002% kategori tinggi pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase 75,003% pada siklus II dengan kategori tinggi. Aktivitas belajar siswa pada aspek psikomotorik mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 47,5% pada siklus I dengan kategori sedang menjadi 65,16% pada siklus II dengan kategori tinggi. Hasil belajar siswa memperoleh ketuntasan klasikal 60% pada siklus I dengan kategori tinggi dan meningkat menjadi 75% pada siklus II dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 2 Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 2 Jekulo Kudus. Oleh karena itu, disarankan agar guru menerapkan model TSTS ini pada pembelajaran dan lebih mengembangkan inovasi dalam menerapkan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1:Santoso,S.Pd,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil belajar PKn, Susunan Lembaga Pemerintahan pusat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 15 Feb 2018 01:48
Last Modified: 15 Feb 2018 01:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8092

Actions (login required)

View Item View Item